Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ruud Gullit Tawarkan Diri Jadi Manajer Aston Villa

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 31 Maret 2016 | 12:50 WIB
Ruud Gullit saat berbicara di China sebagai duta Laureus World Sports pada 14 April 2015. (KEVIN LEE/GETTY IMAGES)

Ruud Gullit menawarkan diri menjadi manajer Aston Villa. Legenda sepak bola asal Belanda itu mengatakan akan mempertimbangkan apabila ada permintaan dari klub yang terancam degradasi dari Premier League tersebut.

Saat ini kursi manajer di Aston Villa tengah kosong setelah Remi Garde dicopot dari jabatannya sebagai pelatih, Rabu (30/3/2016).

Alasan pemecatan itu disebabkan Garde tidak sanggup mendongkrak posisi Villa dari dasar klasemen sementara di tujuh laga tersisa musim ini.

Gullit sebelumnya punya pengalaman melatih dua klub Premier League, yakni Chelsea dan Newcastle United. Kini, ia mengaku siap menerima jika ada tantangan melatih di Villa Park.

Baca Juga:

"Jika mereka meminta, saya akan sangat mempertimbangkannya. Saya akan memikirkannya jika ada orang di sekitar saya juga melakukan pekerjaan itu," ujar Gullit seperti dilansir BeinSport.

Gullit tidak ragu untuk melepas pekerjaannya sekarang sebagai komentator di BeinSport. Mantan pemain AC Milan ini sudah tidak lagi terlibat di dunia kepelatihan setelah keluar sebagai pelatih klub asal Rusia, Terek Grozny, pada 2011.

"Saya merasa siap. Saya senang dengan apa yang saya lakukan di BeinSport. Saya sudah lama di sini dan senang dengan menjalaninya. Namun, tentu saja saat mereka datang, saya akan mempertimbangkannya," ucap mantan kapten Belanda saat menjuarai Piala Eropa 1988 itu.

Gullit sudah pernah lima kali menangani klub, mulai dari Chelsea, Newcastle United, Feyenoord Rotterdam, LA Galaxy, hingga Terek Grozny. Namun, prestasi terbaik dia hanyalah menjuarai Piala FA pada 1997 saat menjabat sebagai player-manager di Chelsea. 

[video]https://video.kompas.com/e/4808673920001_ackom_pballball[/video]