Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hodgson Bicara soal Lini Belakang Inggris dan John Terry

By Verdi Hendrawan - Kamis, 31 Maret 2016 | 10:40 WIB
Bek tim nasional Inggris, John Terry (kanan), berbincang dengan pelatih Roy Hodgson dalam sesi latihan di London Colney, London, Inggris, pada 29 Mei 2012. (SCOTT HEAVEY/GETTY IMAGES)

Pelatih tim nasional Inggris, Roy Hodgson, membenarkan bahwa lini pertahanan Inggris sedikit mengkhawatirkan usai dua laga uji cona menghadapi Jerman dan Belanda. Namun, pelatih berusia 68 tahun itu tidakpernah berencana memanggil John Terry kembali ke skuat.

Dalam dua laga uji coba terakhir, Inggris berhasil meraih kemenangan 3-2 atas Jerman di Olympiastadion Berlin dan kalah 1-2 dari Belanda di Wembley. Meski berhasil menang atas Jerman yang berstatus juara dunia, empat gol yang bersarang di gawang mereka justru menjadi sorotan.

Hal ini membuat beberapa nada miring dari sejumlah pakar muncul. Mereka mengatakan bahwa kebobolan empat gol dalam dua pertandingan telah menunjukkan bahwa lini pertahanan tidak memberikan harapan yang baik bagi tim untuk meraih gelar di Piala Eropa 2016.

Meski sadar memiliki kekurangan, Hodgson masih menilai bahwa penampilan Chris Smalling dan John Stones sebagai bek tengah Inggris cukup baik.

"Saya pikir kinerja Smalling saat melawan Belanda sangat baik hingga ia ditarik keluar," kata Hodgson kepada Sky Sports.

"Saya juga berpikir penampilan Stones yang tidak memiliki cukup banyak pertandingan akhir-akhir ini, juga telah menunjukkan sebuah jaminan dan tanda-tanda bahwa ia adalah pemain yang dapat diandalkan," ucapnya.

Selain Smalling dan Stones, Inggris tidak banyak memiliki bek tengah berpengalaman yang dirasa layak disertakan ke dalam skuat. Satu-satunya pemain yang memiliki segala pengalaman yang dibutuhkan adalah Terry.

Namun, Terry yang telah pensiun dari timnas Inggris empat tahun lalu dipandang Hodgson bukan sebagai sebuah solusi. Terlebih usianya yang sudah 35 tahun dan penampilannya yang tidak konsisten bersama Chelsea pada musim ini. 

"John Terry yang telah pensiun begitu lama, membuat dirinya tidak lagi sering hadir di dalam benak saya. Saya juga berpikir bahwa itu adalah sebuah tolok ukur yang benar," tutur Hodgson.

Sepanjang karier internasionalnya, Terry telah tampil dalam 78 pertandingan bersama Inggris.

Terakhir kali Terry bermain bersama Inggris pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 menghadapi Moldova pada 7 September 2012. Pada laga tersebut, Terry tampil penuh dan Tim Tiga Singa menang 5-0.