Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bermain Yakin Jadi Kunci Kemenangan Riky/Richi

By Rabu, 30 Maret 2016 | 19:50 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Riky Widianto/Richi Puspita Dili, ketika tampil pada babak pertama India Terbuka di Siri Fort Indoor Stadium, Rabu (30/3/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Riky Widianto/Richi Puspita Dili, berhasil melaju ke babak kedua India Terbuka. Bermain yakin menjadi kunci kemenangan mereka setelah menang atas pasangan ganda campuran Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels.

Riky/Richi menang 21-13, 21-16 pada pertandingan yang digelar di Siri Fort Indoor Stadium, Rabu (30/3/2016).

"Dari awal kami sudah yakin saja di lapangan karena kami sudah dua kali bertemu dan selalu menang. Pertahanan Birgit kurang sehingga Riky memiliki peluang untuk menyerang, sedangkan Fuchs pertahanannya kuat karena dia bermain pada nomor ganda putra," ucap Richi.

Riky/Richi dan Fuchs/Michels pernah bertemu di Denmark Terbuka 2014 dan Indonesia Terbuka 2015.

Meraih kemenangan pada gim pertama, Riky/Richi sempat tertinggal pada gim kedua saat kedudukan 1-6 dan 4-11. Main terburu-buru dan kerap mati sendiri, diakui Riky/Richi menjadi lumbung poin bagi lawan.

"Pada gim kedua, kami terlalu terburu-buru dan kami sempat terbawa pola permainan mereka yang kencang, tetapi kami kemudian mengubah strategi agar tidak terbawa permainan lawan," tutur Richi.

Pada babak kedua, Riky/Richi akan menghadapi pasangan Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah. Kedua pasangan ini tercatat belum pernah saling bertemu.

"Lawan besok kami belum pernah bertemu, jadi kami ingin bermain lebih fokus saja di lapangan dan mengatur strategi," kata Riky menambahkan.

"Kami juga harus meningkatkan kepercayaan diri kami karena sebelumnya kami sempat berganti partner bermain. Penampilan perdana kami di Thailand Masters juga tidak bagus karena kalah pada babak awal," ujar Richi.

Riky/Richi merupakan satu-satunya wakil Indonesia pada nomor ganda campuran. Dua pasangan lain, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto batal tampil karena mereka lebih difokuskan untuk turun pada Malaysia Terbuka, 5-10 April.