Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Pendapat Rooney Soal Memphis Depay

By Lariza Oky Adisty - Rabu, 30 Maret 2016 | 16:04 WIB
Timnas Belanda gagal ke Piala Eropa 2016, Memphis Depay ingin membantu negerinya menembus putaran final Piala Dunia 2018. (AFP/EMMANUEL DUNAND)

Wayne Rooney (30) mencoba profesi sebagai komentator saat Inggris bertanding melawan Belanda dalam pertandingan uji coba di Stadion Wembley, Selasa (29/3/2016). 

Secara kebetulan, dua rekan setim Rooney di Manchester United, Memphis Depay (22) dan Daley Blind (26), turun bermain untuk Belanda dalam pertandingan tersebut.

Rooney pun punya kesempatan mengeluarkan pendapat tentang kedua pemain tersebut, termasuk untuk Depay, yang dalam laga itu turun sebagai starter.

"Depay pasti senang bisa menjadi starter. Berhubung penampilannya bersama Man United tidak stabil, pertandingan persahabatan seperti ini jadi kesempatan untuk Depay membuktikan kualitasnya," kata Rooney saat tampil di ITV.

Man United membeli Depay dari PSV Eindhoven seharga 25 juta euro (sekitar Rp 375, 5 miliar) pada musim panas lalu. Namun, Depay belum menunjukkan performa sepadan dengan banderolnya.

Dari 23 penampilan di Premier League, Depay baru mencetak 2 gol. Dari lima pertandingan terakhir Man United, Depay juga baru sekali menjadi starter.


Memphis Depay dianggap sebagai biang kegagalan Manchester United dalam meraih poin penuh di kandang Chelsea, Minggu (7/2/2016).(DEAN MOUHTAROPOULOS/GETTY IMAGES)

Para penggemar Man United pun dikabarkan mulai kesal dengan penampilan Depay, dan meminta Man United menjualnya.

Ini bukan pertama kali Rooney membela Depay. Ketika para fans menyalahkan Depay saat Manchester United bermain seri 1-1 kontra Chelsea, 7 Februari 2016 silam, Rooney juga pasang badan untuk Depay.

Di sisi lain, Rooney memuji penampilan Blind.

"Blind sanggup membaca permainan dengan sangat baik. Dia mungkin bukan pemain paling cepat, tetapi kemampuannya membaca permainan menutupi kekurangannya tersebut," kata Rooney.