Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rooney Senang dengan Persaingan di Lini Depan Inggris

By Rabu, 30 Maret 2016 | 13:34 WIB
Striker, Wayne Rooney, mencetak gol kedua tim nasional Inggris saat melawan Prancis dalam laga uji coba di stadion Wembley, London, 17 November 2015. (SHAUN BOTTERILL/GETTY IMAGES)

Wayne Rooney senang dengan persaingan di lini depan tim nasional Inggris. Namun, kapten Inggris itu berharap tetap diikutsertakan di Piala Eropa 2016

Rooney absen dalam dua pertandingan terakhir The Three Lions, julukan timnas Inggris, saat menghadapi Jerman dan Belanda. Saat dia absen, Harry Kane dan Jamie Vardy menunjukkan potensi sebagai kompetitornya dengan mencetak gol.

Dia pun menyadari persaingan di lini depan Inggris kian ketat. Alih-alih khawatir, Rooney justru sangat antusias dengan kompetisi tersebut.

"Saya tak pernah merasa posisi saya akan selalu aman," ujar Rooney yang menjadi komentator laga Inggris versus Belanda di ITV, Selasa (29/3/2016), kepada BBC.

Saingan Rooney bukan hanya Vardy dan Kane. Danny Welbeck dan Daniel Sturridge pun siap memperebutkan posisi di lini penyerangan The Three Lions.

"Kali ini, semua orang dalam keadaan fit. Pelatih bisa memainkan 3-4 kombinasi berbeda, tergantung situasinya. Bagi negara ini, turnamen (Piala Eropa 2016) nanti akan sangat menggairahkan," ucap striker Manchester United itu.

Kendati demikian, Rooney tetap berharap pelatih Roy Hodgson memasukkan namanya di daftar 23 pemain untuk putaran final nanti.

"Turnamen nanti akan menjadi kesempatan bagi kami untuk tampil baik. Saya ingin terlibat di sana dan berharap bisa memimpin tim dengan melangkah sejauh mungkin," tuturnya.

Menurut Rooney, penting bagi sebuah tim untuk memadukan antara pemain muda penuh gairah dengan pemain senior sarat pengalaman. Apalagi, rata-rata umur pemain Inggris saat melawan Jerman adalah 24 tahun.

"Ada banyak dari mereka yang belum pernah mengikuti turnamen. Banyak sekali pemain muda," kata Rooney.