Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Yabes Roni: Gol Ini untuk Ibu dan Hadiah Paskah

By Andrew Sihombing - Minggu, 27 Maret 2016 | 20:59 WIB
Penyerang Yabes Roni (11) dan Silvio Escobar merayakan gol tunggal Bali United ke gawang PS Polri di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (27/3/2016). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

GIANYAR, JUARA.net – Perayaan Paskah tahun ini jatuh pada Minggu (27/3/2016) dan pada hari yang sama Bali United bertarung hidup mati kontra PS Polri. Tetapi, Bali United akhirnya menang melalui gol tunggal Yabes Roni Malaifani.

Pemuda asal Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut menjadi pencetak gol kemenangan klub berjulukan Serdadu Tridatu. Jadi pahlawan klubnya yang berhasil membuat Bali United melaju ke semifinal Piala Bhayangkara 2016, Yabes Roni langsung ingat sang ibu.

Untuk itu, satu gol pada pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali ini didedikasikannya ke mamanya, Sepriana Ananda Fanpula Malaifani. Wanita 49 tahun yang sudah ditinggal wafat ayah Yabes Roni, Anus Malaifani, sejak 18 tahun silam disebutnya jadi penyemangat utama.

”Puji Tuhan, gol ini membuat Bali United ke semifinal. Saya bersyukur mampu mencetak gol penting. Gol ini untuk ibu saya sekaligus hadiah Paskah yang paling berharga,” kata Yabes Roni kepada JUARA, selepas laga.  

Baca juga:

Yabes Roni sangat hormat kepada ibunya, karena Sepriana merupakan sosok penting dalam kariernya di sepak bola. Menurut pemuda berusia 21 tahun ini, perjuangan sang ibu dalam membesarkannya bersama dua kakaknya tanpa kehadiran ayahnya lagi sangat menginspirasinya.

Yabes Roni merupakan pemain yang ’ditemukan’ oleh Indra Sjafri saat melakukan perburuan pemain untuk tim nasional (timnas) U-19 pada 2013 lalu. Bermula dari pesepak bola tarkam (antar kampung), Yabes Roni masuk penjaringan Indra Sjafri.

Lalu, Yabes Roni berjuang keras dalam tahap seleksi dan berhasil lolos jadi bagian lini depan skuat Garuda Jaya. Ketika Indra Sjafri menangani Bali United, dia pun ikut gabung klub asal Pulau Dewata tersebut.