Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gabung ke Man United, Mourinho Jadi Pelatih Termahal di Dunia?

By Beri Bagja - Minggu, 27 Maret 2016 | 09:04 WIB
Jose Mourinho setelah menghadiri konferensi pers Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Stadion Wembley, London, 1 Februari 2016. (CLIVE ROSE/GETTY IMAGES)

 Sejumlah media Inggris mewartakan Jose Mourinho bakal menjadi pelatih dengan gaji termahal di dunia andai jadi bergabung dengan Manchester United musim panas nanti. Lelaki Portugal berusia 53 tahun itu siap dibayar 20 juta poundsterling atau setara Rp 374,7 miliar per musim.

Mourinho kabarnya disiapkan sebagai pengganti Louis van Gaal di kursi kepelatihan Manchester United.

Klub beralias The Red Devils (Setan Merah) merayu Mou dengan upah total 60 juta pounds, yang terbagi ke dalam 3 tahun kontrak.

Jumlah 20 juta pounds per musim itu sudah menghitung rangkaian bonus jika klub meraih gelar.

Andai megakontrak disepakati, pendapatan Mourinho kelak 25 persen lebih besar dari gaji raksasa yang diajukan Manchester City buat manajer anyar mereka nanti, Josep Guardiola. City menggaji Guardiola 15 juta pounds per musim dalam ikatan kontrak tiga tahun.

[video]https://video.kompas.com/e/4809612573001_ackom_pballball[/video]

Potensi upah dalam megakontrak yang ditawarkan United buat Mourinho juga mencapai dua kali lipat dari gaji Van Gaal saat ini (10 juta pounds per musim).

Sebelum dipecat Chelsea pada Desember 2015, Mou pernah menyandang status manajer termahal di Premier League. Eks pelatih Porto dan Inter Milan itu mengantungi sekitar 13 juta pounds per musim sebagai bos Chelsea.

[video]https://video.kompas.com/e/4809654064001_ackom_pballball[/video]