Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ditunjuk Sebagai Bek Sayap, Yanto Basna Sempat Grogi

By Persiana Galih - Sabtu, 26 Maret 2016 | 09:17 WIB
Bek Persib Bandung, Rudilof Yanto Basna, selalu memahami keinginan pelatih. (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA)

BANDUNG, JUARA.net – Rudolof Yanto Basna, bek Persib Bandung, sempat grogi saat diminta pelatih Persib, Dejan Antonic, untuk menempati posisi wing back alias bek sayap. Sselama karir profesional, ia selalu ditempatkan sebagai bek tengah.

“Saya dikasih kepercayaan oleh pelatih untuk siap ditugasi sebagai bek sayap. Saya tidak boleh bilang tidak, sehingga saya harus selalu siap dengan arahan pelatih,” kata pemain asal Papua ini, saat ditemui JUARA di salah satu restoran cepat saji di Bandung, Jumat (25/3) malam.

Yanto menyebut  pelatih yang lebih tahu di mana dia sebaiknya ditempatkan dalam formasi tim Persib.

Tetapi, diam-diam Yanto mulai menggemari posisi baru tersebut. Menurut dia, tugas anyar itu merupakan hal baru yang mesti ia dalami,

“Saya senang karena dapat membantu tim dalam menyerang, bukan hanya bertahan. Hal ini menjadi pelajaran berharga saya selama di Bandung,” kata dia.

“Saya kan sebenarnya jarang bermain di posisi wing back. Tetapi, lama-kelamaan saya suka posisi ini,” tutur pemain berusia 20 tahun ini.

Tampaknya, ucapan Yanto bukan isapan jempol. Buktinya, ia mampu mengawal lini pertahanan Maung Bandung dan membantu Atep dkk. saat menyerang.

Dalam dua pertandingan yang dilakoni Yanto, gawang Persib selalu bersih dari serangan lawan. Kondisi itu salah satunya disebut merupakan hasil dari kerja keras Yanto.

“Saya selalu berlatih di posisi yang belum saya kuasai,” ujar dia.