Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

10 Pemain Terbaik Belanda Sepanjang Masa

By Nugyasa Laksamana - Jumat, 25 Maret 2016 | 11:35 WIB
Pemain Belanda era 60-80an, Johan Cruyff, tampil pada laga Piala Dunia 1974. (STF/AFP )

Prestasi Belanda di kancah internasional, khususnya di ajang Piala Dunia, memang tidak sebaik Brasil, Italia, dan, Jerman. Dalam sejarahnya, pencapaian terbaik Belanda di Piala Dunia cuma meraih posisi runner-up sebanyak tiga kali (1974, 1978, dan 2010).

Meskipun demikian, tak dimungkiri Belanda tetap wajib masuk dalam jajaran negara sepak bola terbaik dunia. Dalam balutan seragam oranye menyala dan ciri khas permainan Total Football, Belanda menjadi tim yang menarik untuk disaksikan.

Belanda juga tak sedikit menyumbangkan pesepak bola berkualitas untuk sejumlah klub papan atas Eropa. Lantas, siapa sajakah pemain-pemain berkualitas yang pernah dimiliki Belanda?

Berikut ini adalah ulasan 10 pemain terbaik Belanda sepanjang masa yang dihimpun oleh JUARA dengan rujukan dari Sports Mole, mulai dari nomor sepuluh hingga nomor wahid.

10. Edwin van der Sar, (aktif di tim nasional pada 1995-2008, 130 caps tim nasional Belanda)


Edwin van der Sar saat memperkuat Belanda pada laga Piala Eropa 2008 kontra Rusia di Saint Jakob-Park, Basel, Swiss, 21 Juni 2008.(PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP)

Edwin van der Sar menjadi satu-satunya penjaga gawang dalam daftar 10 pemain terbaik Belanda sepanjang masa. Namun, peran untuk negaranya tak bisa dipandang sebelah mata.

Pria yang kini berusia 45 tahun ini merupakan pemain yang paling banyak mencatatkan penampilan untuk Belanda, yakni 130 pertandingan di seluruh ajang. Pencapaian itu ditorehkan Van der Sar dalam kurun waktu 1995-2008.

Sepanjang kariernya bersama Belanda, prestasi terbaik Van der Sar adalah mencapai babak final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Akan tetapi, harapan Van der Sar dkk mengangkat trofi Piala Dunia untuk Belanda sirna setelah ditaklukkan 0-1 oleh Spanyol pada laga pamungkas.