Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nilmaizar Butuh Pemain Asing yang Paham dengan Posisinya

By Yosrizal - Jumat, 25 Maret 2016 | 05:15 WIB
Gelandang Paulo Diego Messias Dos Santos (kiri) dan penyerang Marcel Sacramento mengapit bek Semen Padang, Cassio de Jesus. Ketiganya adalah pemain asing asal Brasil dan dua diantaranya dalam taraf seleksi. (YOS RIZAL/BOLA/JUARA.NET)

PADANG, JUARA.net – Dua pemain asing baru yang kini tengah menjalani trial di Semen Padang dapat pesan khusus pelatih Nilmaizar. Mereka harus paham dengan posisi dan perannya di skuat Kabau Sirah, julukan Semen Padang.

Dua pemain asal Brasil, gelandang Paulo Diego Messias dos Santos dan penyerang Marcel Sacramento, kini mengikuti tahapan seleksi. Nilmaizar menegaskan, mereka wajib paham tugas dan tanggung jawab sebagai pemain tengah serta pilar lini depan.

”Sebenarnya, sederhana saja untuk melihat kepiawaian seorang pemain. Kalau ia mengerti dengan posisi dan perannya, itu artinya pemain ini cerdas. Kalau tak mengerti dengan posisinya, sama saja dengan pemain yang tak mengerti sepak bola,” kata Nilmaizar.

Bagaimana dengan dua pemain baru asal Brasil yang akan menggantikan posisi Fernando Chagas dan Taffarel itu? Menurutnya, sebagai pemain gelandang, Diego harus mampu menjadi jenderal di lapangan tengah.

Pemain berusia 28 tahun ini bisa memberi suplai bola dengan akurasi tinggi serta mampu memutus serangan lawan. Selama ini, peran itu dimainkan Yu Hyun Koo, pemain asal Korea Selatan yang kini  bermain untuk Sriwijaya FC.

Baca juga:

Posisi ini menjadi hal yang sangat krusial bagi skuat Kabau Sirah. Untuk mendapatkan pemain sekelas Yu tak gampang. Termasuk, Chagas yang gagal memainkan perannya di posisi vital ini.

Kini, harapan Nilmaizar ada pada Diego, yang tengah menjalani trial sejak beberapa hari lalu. Tetapi sejauh ini, eks pelatih timnas Indonesia belum berani memberikan penilaian terhadap pemain yang sempat main bersama Persiba Balikpapan.

Begitu juga tentang Marcel, calon striker yang baru pertama kali merasakan atmosfer sepak bola Indonesia. Nilmaizar menilai peran utama pemain depan adalah mencetak gol, selain bisa bekerja sama dengan pilar lainnya.

”Sepak bola modern menuntut hal seperti itu. Apa peran pemain, apa peran pelatih, ada juga apa peran manajemen. Namun kadang tak sesuai harapan karena keterbatasan-keterbatasan, baik teknis maupun non-teknis. Tetapi, mereka asal menyadari peran dan tanggung jawabnya, semua akan bisa diminimalisir,” ucapnya.

[video]https://players.brightcove.net/4386485688001/5f5050ba-12eb-4380-b837-257aded67fbc_default/index.html?videoId=4814914742001&preload=none[/video]