Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marcus/Kevin Lolos ke Babak Perempat Final Selandia Baru Terbuka

By Delia Mustikasari - Kamis, 24 Maret 2016 | 16:44 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berpose di pelatnas bulu tangkis Cipayung, Jumat (26/2/2016). (RODERICK ADRIAN MOZES/KOMPAS.COM)

Pasangan ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, menjadi wakil pertama Indonesia yang lolos ke babak perempat final Selandia Terbuka.

Marcus/Kevin meraih tiket perempat final setelah mengatasi pasangan Jepang, Hiroyuki Saeki/Ryota Taohata, dengan 21-12, 21-19 setelah bertarung selama 29 menit di North Shore Events Centre, Kamis (24/3/2016).

Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua pasang pemain tersebut. Di atas kertas pasangan Marcus/Kevin lebih unggul karena memiliki peringkat lebih baik.

Marcus/Kevin berada di peringkat ke-20 dunia, sedangkan Hiroyuki/Ryota berada di peringkat ke-85 dunia.

Pada gim pertama, pertandingan berlangsung imbang saat kedudukan 5-5. Marcus/Kevin selanjutnya meraih empat poin beruntun yang membuat mereka unggul 9-7 hingga mereka memimpin pada interval pertama dengan 11-7.

Hiroyuki/Ryota sempat menyamakan kedudukan menjadi 11-11. Tetapi, Marcus/Kevin terus mendominasi hingga gim pertama berakhir.

Pada gim kedua, Hiroyuki/Ryota, mulai mengimbangi permainan Marcus/Kevin. Beberapa kali pasangan Jepang tersebut menyamakan kedudukan dengan 2-2, 8-8, 10-10, 12-12, 13-13.

Kedua pasang pemain bergantian mencetak poin hingga kedudukan imbang 16-16, 19-19. Saat poin penentuan, Marcus/Kevin langsung mencetak tambahan dua poin yang memastikan langkah mereka ke babak perempat final turnamen level Grand Prix Gold itu.

"Kami bisa tampil tenang dan tidak terburu-buru, ini kuncinya. Kami juga terus mengontrol permainan. Selain itu, pasangan Jepang ini juga tidak terlalu ulet seperti pemain-pemain Jepang pada umumnya," ujar Kevin.

Pada babak perempat final, Marcus/Kevin akan menghadapi wakil Taiwan, Wei Chen Liu/Yang Po Han. Kedua pasang pemain tercatat belum pernah berjumpa satu sama lain.