Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Courtois Sebut Pemecatan Mourinho Langkah yang Tepat

By Verdi Hendrawan - Rabu, 23 Maret 2016 | 23:35 WIB
Ekspresi kekecewaan kiper Chelsea, Thibaut Courtois, usai gawangnya dibobol oleh Crystal Palace dalam pertandingan lanjutan Premier League 2015-2016 di Stamford Bridge, London, Inggris, pada 29 Agustus 2015. (PAUL GILHAM/GETTY IMAGES)

Kiper Chelsea, Thibaut Courtois, membuat pernyataan mengejutkan. Kiper asal Spanyol ini mengatakan bahwa langkah yang diambil klub untuk memecat Jose Mourinho adalah sebuah keputusan yang tepat.

Mourinho dipecat Chelsea pada Desember 2016 setelah gagal memertahankan performa The Blues yang pada musim sebelumnya menjadi jawara Premier League. Hingga pekan ke-16 Premier League 2015-2016, Mourinho hanya bisa membawa Chelsea meraih empat kemenangan.

Kekalahan dari Leicester City pada pekan itu menjadi akhir dari perjalanan kedua Mourinho bersama Si Biru. Kini, posisi Mourinho digantikan oleh Guus Hiddink. Dalam 14 pertandingan di Premier League di bawah arahan manajer berusia 69 tahun itu, Chelsea meraih enam kemenangan dan sisanya berakhir dengan hasil imbang tanpa pernah kalah.

Courtois yang merasakan langsung perubahan dari era kedua Mourinho di Chelsea dan setelah ditangani Hiddink. Dia menyebut pemecatan tersebut adalah keputusan yang tepat.

Baca Juga:

"Kami sangat membutuhkan perubahan manajer pada saat itu dan tidak ada keraguan tentang hal itu. Kami juga terlalu banyak meraih hasil imbang dan sangat mudah kebobolan," tutur Courtois kepada stasiun televisi Belgia, RTBF.

Courtois pun mengaku dirinya tidak terlalu kaget dengan performa The Blues yang menukik tajam pada musim ini. Salah satu penyebab utama hal tersebut adalah persiapan di pra-musim yang buruk.

"Sangat sulit untuk menjelaskan mengapa musim kami sangat buruk. Mungkin penyebabnya adalah persiapan pra-musim kami yang sangat singkat," kata Courtois.

"Kami tidak dalam kondisi fisik yang baik. Kami pun kalah dari Arsenal di Community Shield dan berlanjut menjadi awal yang buruk di liga," ucapnya.

[video]https://video.kompas.com/e/4808668864001_ackom_pballball[/video]