Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Motocross Dunia 2017-2019

By Delia Mustikasari - Rabu, 23 Maret 2016 | 19:50 WIB
Menpora Imam Nahrawi memberikan cenderamata batik bermotif balap motor kepada Wakil Presiden Youth Stream Group, Luigi Zompetti di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (23/3/2016). (KEMENPORA)

Indonesia memastikan diri menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Motocross Dunia (MXGP) 2017-2019 di Pangkal Pinang.

Hal tersebut dipastikan setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menandatangani Letter of Intention (LOI) antara Vice President Youth Stream Group Luigi Zompetti dan Walikota Pangkal Pinang M. Irwansyah, Rabu (23/3/2016).

"Pemerintah sangat mengapresiasi kesiapan Pingkal Pinang menjadi tuan rumah kejuaraan MXGP selama tiga tahun, yakni 2017 hingga 2019. Hal ini tidak saja untuk memperkenalkan Indonesia, tetapi juga Pangkal Pinang dan Bangka Belitung," kata Imam.

"Pemerintah sangat menghargai rencana besar ini kejuaraan. Kami berharap ini menjadi momentum untuk memberikan semangat kepada para pebalap muda di Tanah Air," ucap Imam.

Menpora memastikan bahwa hak siar kejuaraan MXGP bukan semata-mata menjadi milik global, tetapi harus memberi ruang yang sama kepada media lokal.

"Pelaksanaan Kejuaraan MXGP 2017 Indonesia kemungkinan akan berbarengan dengan MotoGP. Namun, masih ada kemungkinan MotoGP akan digelar pada 2018," ujar Imam.

Menurut Imam, gelaran MXGP bisa menjadi ajang promosi Wonderful Indonesia," ucap Imam.

Walikota Pangkal Pinang M Irwansyah mengatakan bahwa kedatangannya ke Kemenpora untuk meminta restu dan dukungan dari Menpora agar mampu menjadi tuan rumah yang baik pada penyelenggaraan MXGP di Pangkal Pinang.

"Kami siap menjadi tuan rumah yang baik. Semoga kami dapat menjaga nama baik Indonesia menjadi lebih baik lagi," ujar Irwansyah.
 
"Lokasi penyelenggaraan MXGP kemungkinan besar adalah pantai Pasir Padi dan bekas penambangan. Pantai Pasir Padi adalah salah satu kawasan wisata andalan Pangkal Pinang, sehingga konsepnya adalah sport tourism," ucap Irwansya.

"Penonton bisa menyaksikan motocross dunia dengan panorama pantai," kata Irwansyah menambahkan.