Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Guardiola Mungkin Mewarisi Tim Liga Europa

By Suryo Wahono - Selasa, 22 Maret 2016 | 16:54 WIB
Pelatih Bayern Muenchen, Josep Guardiola, memberikan instruksi di pinggir lapangan dalam laga tandang kontra Arsenal pada fase grup Liga Champions di Stadion Emirates, 20 Oktober 2015. (BEN STANSALL/AFP )

Manchester City tampil mengecewakan lagi setelah membantai Aston Villa 4-0 dan dua kali ditahan imbang. Dalam laga Derbi Manchester, City kalah tipis 0-1 dari Manchester United. Karena itulah, Alan Shearer mengatakan bahwa Pep Guardiola, yang musim depan menjadi bos di Etihad Stadium, mungkin mewarisi tim Liga Europa.

Dalam tiga partai terakhir, Manchester City tidak bisa mencetak gol, termasuk dalam Derbi Manchester. Dalam laga di Etihad Stadium itu, Marcus Rashford menjadi pahlawan sang rival dengan gol pada menit ke-16 dan tak terbalaskan hingga akhir pertandingan.

Tiga poin dari laga itu membuat Manchester United makin dekat dengan zona Liga Champions dan kini hanya terpaut satu poin dari City. Sementara itu, West Ham United juga mengintai dan seperti halnya Manchester United, tim arahan Slaven Bilic tersebut juga berpeluang masuk zona Liga Champions.

Maka dari itu, Shearer menilai bahwa City mungkin akan terlempar dari zona empat besar klasemen Premier League.

Berbicara dalam acara Match Of The Day 2, mantan penyerang Newcastle United itu mengisyaratkan bahwa kontrak Guardiola mungkin tidak termasuk menangani tim di bawah Liga Champions.

"Tidakkah Anda berpikir dia mempunyai klausul ini dalam kontraknya? Sebab, saya sangat yakin dia tidak direkrut untuk mengambil alih tim Liga Europa," kata Shearer seperti dikutip Mirror.

Dari delapan laga tersisa di Premier League, City masih harus bertemu dengan lawan-lawan berat. Kekalahan berikutnya sangat mungkin terjadi mengingat pasukan Manuel Pellegrini sempat ditahan imbang Norwich City.

Sergio Aguero dkk setidaknya masih menyisakan laga berat di kandang Chelsea, Southampton, dan Arsenal, selain masih harus bertanding di Liga Champions melawan Paris Saint-Germain. Persoalan kian pelik karena tiga pilar di lini belakang cedera cukup lama, yaitu Vincent Kompany, Nicolas Otamendi, dan Joe Hart.

Sementara itu, lawan terberat Manchester United menjelang akhir musim adalah pertemuan di kandang Tottenham Hotspur, lalu bertandang ke markas West Ham. Sementara itu, West Ham masih harus bertemu dengan Manchester United lagi di Premier League setelah partai Piala FA, lalu ada Arsenal.

"Dia datang untuk mengambil alih tim Liga Champions. Ada bahaya besar bahwa Manchester City tidak akan berlaga di sana," kata Shearer.