Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rosberg Juarai GP Australia

By Lariza Oky Adisty - Minggu, 20 Maret 2016 | 14:19 WIB
Pebalap tim Mercedes, Nico Rosberg, melakukan wawancara pascakemenangan di GP Australia di GP Australia di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, Melbourne, Minggu (20/3/2016). (Twitter Formula 1)

 Nico Rosberg memetik kemenangan perdana di Formula 1 2016 pada balapan di GP Australia di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, Melbourne, Minggu (20/3/2016). 

Mengawali balapan dari posisi dua, Rosberg mengambil posisi pemimpin balapan dari pebalap Ferrari, Sebastian Vettel pada lap ke-34, dan tidak terbendung untuk meraih kemenangan perdana musim ini. 

Rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton, yang mengawali balapan di pole position, mengakhiri balapan di posisi dua dengan selisih waktu 8, 06 detik dengan Rosberg.

Sementara itu, Sebastian Vettel, yang sempat tampil dominan dan memimpin balapan sejak lap ke-19 sampai lap ke-34, berada di posisi ketiga dengan selisih sembilan detik.

Balapan juga sempat diwarnai tabrakan hebat antara pebalap McLaren, Fernando Alonso dan pebalap Haas F1, Esteban Gutierrez pada lap ke-18.

Tayangan ulang menunjukkan tabrakan terjadi ketika Alonso hendak menyalip Gutierrez. Tabrakan tersebut menyebabkan mobil Alonso terpelanting ke sisi sirkuit, dan mobil Gutierrez melintir.

Baik Alonso dan Gutierrez sama-sama tidak cedera. Namun, kecelakan yang mereka alami menyebabkan balapan harus ditunda sementara, selama area sirkuit lokasi kecelakaan dibersihkan.

Pebalap tim Manor asal Indonesia, Rio Haryanto, tidak bisa menyelesaikan balapan karena kerusakan mobil.

Pada saat mobil berjejer di pitlane menunggu balapan diteruskan, teknisi tim Manor menemukan problem pada driveline mobil pebalap asal Solo tersebut.