Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Sundulan, Solusi Udara ala Zizou

By Minggu, 20 Maret 2016 | 14:16 WIB
Pemain Real Madrid, Sergio Ramos tengah menyundul bola dengan Kostas Manolas (kiri) dan Edin Dzeko dari AS Roma saat Liga UEFA Champions putaran ke 16 leg kedua antara Real Madrid CF dan AS Roma di Estadio Santiago Bernabeu tanggal 8 Maret 2016, Madrid, Spanyol. (DENIS DOYLE/GETTY IMAGES)

Ketika serangan darat seolah tak mampu menghancurkan pertahanan tangguh lawan, artileri udara diharapkan sanggup menjadi solusi. Sejauh ini, Real Madrid asuhan Zinedine Zidane betul-betul bisa memanfaatkan kelebihan itu.

Penulis: Rizki Indra Sofa

Dua partai liga terakhir praktis diselesaikan dengan cara gempuran udara. Dua gol Madrid ke gawang Las Palmas tercipta berkat ayunan kepala Sergio Ramos dan Casemiro lewat skema sepak pojok.

Satu laga sebelumnya, Pepe dan Cristiano Ronaldo juga menambah koleksi golnya via sundulan, yang membantu Madrid menang besar 7-1 atas Celta Vigo.

Total, musim ini Madrid sudah bikin 18 gol sundulan di La Liga! Jumlah itu yang paling banyak di antara tim-tim Eropa lainya.

Pesaing terdekat ialah Atletico Madrid dengan 15 gol sundulan, AS Monaco bermodalkan 13 gol sundulan di Ligue 1, dan Southampton dengan 12 gol dari ayunan kepala di Premier League.

Memang dengan bermodalkan pemain-pemain seperti Pepe, Sergio Ramos, Cristiano Ronaldo, hingga belakangan Gareth Bale, gol-gol dari ayunan kepala seolah menjadi senjata rahasia.


Winger Real Madrid, Gareth Bale, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Celta Vigo dalam pertandingan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, 5 Maret 2016.(GERARD JULIEN/AFP)

Pemilik nama terakhir itu kini menjadi pria tertajam buat urusan gol sundulan.

Sebanyak tujuh gol Bale di La Liga, alias separuh dari total golnya musim ini (14 gol), dibikin lewat ayunan kepala.