Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wawancara Rio Haryanto: Boleh Makan Enak, tetapi...

By Sabtu, 19 Maret 2016 | 12:17 WIB
Pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto, berpose bersama mobil Tim Manor di acara syukuran pelepasan dirinya menjelang seri pertama GP Formula 1 di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2016). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

Sesiap apakah Rio Haryanto untuk menjadi duta pertama Merah-Putih di ajang balap mobil paling bergengsi di dunia, Formula 1? Rio mengutarakannya kepada Tabloid BOLA dalam wawancara berikut ini.

Penulis: Arief Kurniawan

Apa yang Rio rasakan setelah melewati semua dinamika tes di Barcelona itu?

Saya jauh lebih yakin dan lebih siap untuk balapan F1 pertama saya setelah tes tersebut. Walau hanya empat hari menguji mobil, di mana itu sesungguhnya tidak banyak, rasanya waktu tak ada yang terbuang percuma. Saya mempelajari banyak hal soal mobil F1, terutama bagaimana berkonsentrasi dengan banyak tombol di gagang setir.

Apakah kamu berlatih lebih berat dan apakah juga ada latihan-latihan khusus menghadapi balapan pertama di Melbourne?

Karena saya sangat termotivasi untuk mencapai prestasi, makanya selain latihan fisik saya juga berlatih konsentrasi. Ini penting, karena berada di mobil F1 itu selain punya fisik bagus, juga harus memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi.

Kamu sangat menyukai masakan Indonesia. Apakah ada larangan untuk memakan masakan tertentu setelah dipastikan jadi pebalap F1?

Tidak juga sih. Sejak GP3 saya selalu menjaga pola makan dengan diet yang pas. Tapi memang sekarang saya mesti lebih menjaga agar tak berlebihan ketika makan enak hehehe...

Kamu akan tinggal di mana, di Inggris lagikah agar dekat dengan markas tim Manor?

Saya belum memutuskan. Jadwal memang sangat padat akan tetapi saya kira saya tak perlu tinggal di Inggris lagi seperti waktu di GP2. Walau begitu, tentu saja saya mesti sering mengunjungi markas Manor.