Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

'Perburuan Chelsea terhadap Conte Tidak Sopan'

By Verdi Hendrawan - Kamis, 17 Maret 2016 | 06:42 WIB
Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Italia, Renzo Ulivieri (kiri) bersama Ketua Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Carlo Tavecchio berbicara dalam acara (GABRIELE MALTINTI/GETTY IMAGES)

Perburuan Antonio Conte yang dilakukan Chelsea dipandang Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Italia, Renzo Ulivieri, sebagai tindakan yang tidak sopan.

Setelah melepas Jose Mourinho sebagai manajer tim, Chelsea mengangkat Guus Hiddink sebagai manajer sementara hingga akhir musim 2015-2016. Hal ini membuat The Blues akan mencari manajer baru untuk menghadapi musim depan.

Kini Chelsea telah memastikan pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, sebagai manajer baru pada musim depan. Pelatih berusia 46 tahun itu pun telah mengonfirmasi kebenaran hal tersebut pada Selasa (15/3/2016).

Hal tersebut disayangkan oleh Ulivieri, karena terjadi pada Maret 2016. Pasalnya, ini akan mengganggu fokus Conte bersama timnas Italia yang akan tampil pada Piala Eropa 2016 di Prancis, Juni nanti.

"Semua orang telah mengetahui bahwa Conte akan meninggalkan tim nasional. Hal yang saya sesalkan adalah bahwa klub telah melakukan kontak dengan pelatih tanpa ada peringatan apapun dari federasi sepak bola nasional," kata Ulivieri dikutip dari Sky Sports.

"Semua ini telah menunjukkan kepada dunia bahwa kami telah gagal dalam menerapkan pendidikan dan sopan santun," ucapnya.

Pada Piala Eropa 2016 Prancis, Italia berada di Grup E bersama Belgia, Republik Irlandia, dan Swedia. Jika melihat 10 penampilan terakhir Italia dengan hanya meraih empat kemenangan, peluang Gli Azzurri untuk berprestasi sangat kecil, terlebih dengan fokus Conte yang sudah tidak maksimal.

[video]https://video.kompas.com/e/4801145401001_ackom_pballball[/video]