Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Poros Spanyol dan Brasil Berikan Servis Terbanyak untuk Messi

By Anju Christian Silaban - Senin, 14 Maret 2016 | 19:00 WIB
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Rayo Vallecano dalam pertandingan La Liga di Estadio de Vallecas, Madrid, Spanyol, 3 Maret 2016. (GONZALO ARROYO MORENO/GETTY IMAGES)

Ada banyak pemain atau mantan pemain Barcelona pernah menyumbangkan assist untuk Lionel Messi di La Liga. Messi mendapatkan bantuan paling banyak dari poros Spanyol dan Brasil.

Messi membuka keran golnya di La Liga saat Barcelona menang 2-0 atas Albacete di Stadion Camp Nou, 1 Mei 2005. Ketika itu, Messi harus berterima kasih kepada Ronaldinho, yang bertindak sebagai pelayan.

Sejak itu, Messi sudah mendapatkan assist dari 27 pemain, 12 di antaranya berasal dari Spanyol dan empat dari Brasil. Mereka menyumbang 200 assist untuk Messi.

Para pemain Spanyol menjadi penyumbang terbanyak dengan 100 assist untuk Messi. Catatan tertinggi untuk pemain Spanyol dipegang oleh Xavi Hernandez dengan 21 assist.

Xavi bukanlah penyumbang assist terbanyak untuk Messi, melainkan Daniel Alves. Bek sayap berkebangsaan Brasil ini memberikan 27 assist untuk sang bintang.

Menariknya, Messi tidak pernah menerima servis dari kompatriotnya. Padahal, Messi memiliki tiga rekan yang sama-sama berasal dari Argentina, yaitu Javier Mascherano, Gabriel Milito, dan Maxi Lopez.

Turut serta nama Luis Suarez dan Neymar di daftar penyumbang assist untuk Messi. Tidak heran kalau pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, menyebut penampilan impresif Messi tidak lepas dari dua tandemnya di lini depan.

"Messi bermain lebih baik saat Luis Suarez dan Neymar mencapai level seperti saat ini. Pemain terbaik dunia juga membutuhkan bantuan rekan-rekan di sekitarnya," tutur Simeone.