Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nyaris Dikalahkan West Ham, Van Gaal Puji Pemain Man United

By Verdi Hendrawan - Senin, 14 Maret 2016 | 05:55 WIB
Manajer Louis van Gaal melambaikan tangan kepada fans Manchester United jelang pertandingan perempat final Piala FA menghadapi West Ham United di Old Trafford, Manchester, Inggris, pada Minggu (13/3/2016). (CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGES)

Manchester United gagal melangkah langsung ke semifinal Piala FA. Mereka ditahan West Ham Unite dengan skor 1-1 di Old Trafford, Minggu (13/3/2016). Meski demikian, Manajer Louis van Gaal justru memuji penampilan para pemainnya.

Pada pertandingan tersebut, West Ham sempat unggul terlebih dahulu pada menit ke-68 melalui tendangan bebas indah Dimitri Payet. Man United baru berhasil menyamakan kedudukan pada meni tke-83 melalui Anthony Martial.

Van Gaal memuji gol tendangan bebas Payet. Namun, manajer berusia 64 tahun itu menyebut penampilan West Ham setelah gol tersebut justru menurun.

"West Ham adalah tim yang lebih baik sebelum mereka mencetak gol, tetapi kami juga mampu menciptakan peluang. Tendangan bebas tersebut sangat fantastis," kata Van Gaal kepada BBC.

"Kami baru bertanding melawan Liverpool (Liga Europa) tengah pekan ini dan mereka memiliki satu minggu penuh mempersiapkan pertandingan ini. Beruntung, kami bisa menyamakan kedudukan dan menunjukkan kebangkitan besar," ucapnya.

Van Gaal mengakui, perjuangan anak asuhnya juga tak mudah. "Saya harus memberikan banyak pujian kepada tim saya. Secara mental dan fisik, mereka sudah kelelahan setelah pertandingan menghadapi Liverpool," tutur Van Gaal.

Selain memuji gol Payet dan penampilan para pemainnya, Van Gaal juga berkomentar tentang gol Martial. Gol itu dianggap tidak sah karena sempat terjadi pelanggaran sebelumnya.

Sebelum Martial mencetak gol, sempat terlihat kiper Darren Randolph dilanggar oleh Bastian Schweinsteiger. Hal tersebut membuat kiper berusia 28 tahun itu terjatuh dan tidak bisa mengamankan bola sontekan Martial.

"Saya bisa membayangkan Slaven Bilic akan mengatakan hal tersebut, tetapi bek mereka sendiri yang mendorong Schweinsteiger yang membuat kejadian tersebut terjadi tanpa disengaja," ujar Van Gaal.

[video]https://video.kompas.com/e/4798799186001_ackom_pballball[/video]