Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Valencia Takluk dari Levante, Neville Minta Maaf dan Tangung Jawab

By Verdi Hendrawan - Senin, 14 Maret 2016 | 00:09 WIB
Ekspresi pelatih Valencia, Gary Neville, saat timnya dikalahkan Levante dalam pertandingan lanjutan La Liga 2015-2016 di Estadio Ciudad de Valencia, Valencia, Spanyol, pada Minggu (13/3/2016). (DOK AS)

Kekalahan 0-1 yang diterima Valencia dalam pertandingan derbi Valencia menghadapi Levante membuat pelatih Gary Neville menjadi sorotan utama. Pelatih berusia 41 tahun itu pun meminta maaf dan bertanggung jawab atas hasil tersebut.

Valencia harus mengakui keunggulan Levante akibat gol semata wayang Giuseppe Rossi pada menit ke-65. Striker pinjaman dari Fiorentina itu sukses menyambut lemparan kedalam Juanfran dengan satu sentuhan untuk membobol gawang Los Che kawalan Diego Alves.

Meskipun menguasai pertandingan lebih banyak, para pemain Valencia tidak mampu menciptakan banyak peluang. Sedangkan Levante yang lebih banyak tertekan, mampu tampil efektif fan membahayakan pertahanan lawan lebih banyak.

Selain gagal memerbaiki posisi di klasemen, kekalahan ini juga cukup memalukan. Selain ini adalah pertandingan derbi, Levante pun saat ini merupakan tim yang berada di dasar klasmeen.

Posisi Neville sebagai pelatih Valencia pun kini semakin tersudut. Meski demikian, mantan bek kanan Manchester United itu mengaku pantas sebagai pihak yang disalahkan atas penampilan tim dan meminta maaf kepada para fans atas kekecewaan dari pertandingan tersebut.

"Saya sudah berada di sini selama tiga bulan. Pada hari ini saya tidak bisa membela hasil yang kami dapat dan saya tidak akan menghindar dari hal itu," kata Neville usai pertandingan.

"Saya bertanggung jawab atas kekalahan ini dan penampilan kami tidak pantas mendapat pembelaan, tidak dapat diterima, dan tidak cukup baik. Saya meminta maaf kepada para fans Valencia karena pemikiran paling mendasar dari pertandingan sepak bola adalah bermain lebih baik dari lawan," ucapnya.

[video]https://video.kompas.com/e/4798641136001_ackom_pballball[/video]