Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lin Dan Raih Gelar Keenam All England

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 13 Maret 2016 | 21:01 WIB
Pemain tunggal putra China, Lin Dan, memegang trofi setelah memastikan kemenangan atas rekan satu negaranya, Tian Houwei di Barclaycard Arena, Birmingham, Minggu (13/3/2016). (LEON NEAL/AFP)

Pemain tunggal putra China, Lin Dan, meraih gelear keenam All England tanpa kesulitan setelah mengatasi juniornya, Tian Houwei.

Lin Dan bertarung selama 45 menit untuk memastikan kemenangan atas Houwei dengan 21-9, 21-10 pada babak final yang digelar di Barclaycard Arena, Birmingham, Minggu (13/3/2016).

Kemenangan di All England menambah rekor keunggulan Lin Dan dari Houwei. Dari tujuh pertemuan mereka, Lin Dan selalu menjadi pemenang.

"Saya senang menang di sini. Arenanya luar biasa, penontonnya juga. Semua luar biasa," kata Lin Dan dalam wawancara setelah pertandingan.

Lin Dan mendapatkan gelar keenam All England setelah 2012, 2009, 2007, 2006, dan 2004. Dia menjadi pemain China kedua dengan gelar All England terbanyak setelah Gao Ling yang mengoleksi sembilan gelar (6 ganda putri dan 5 ganda campuran).

Lin Dan saat ini berada di peringkat keempat ranking dunia. Meski ada Chen Long yang menjadi nomor satu dunia, secara rekor pertemuan maupun prestasi Lin Dan masih lebih baik.


Pemain tunggal putra China, Lin Dan, mengangkat trofi juara All England yang keenam baginya setelah memastikan kemenangan atas rekan satu negaranya, Tian Houwei, di Barclaycard Arena, Birmingham, Minggu (13/3/2016).(LEON NEAL/AFP)

Lin Dan mengaku senang ada pemain muda China yang bisa menembus partai final All England. Satu pemain muda lainnya, Xue song, juga berhasil sampai ke semifinal.

"Mereka masih muda. Saya senang melihat kiprah mereka. Semoga mereka beruntung pada turnamen-turnamen berikutnya," kata Lin Dan.

All England merupakan salah satu dari beberapa turnamen terakhir yang jadi kesempatan para pemain untuk mendulang poin demi lolos ke Olimpiade.