Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tontowi/Liliyana Juga Tersingkir

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 12 Maret 2016 | 01:45 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Lliliyana Natsir saat tampil pada babak pertama All England di Barclaycard Arena, Birmingham, Rabu (9/3/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, gagal mewujudkan target meraih gelar keempat All England.

Tontowi/Liliyana kalah 18-21, 16-21 dari pasangan tuan rumah, Chris Adcock/Gabrielle Adcock, pada babak perempat final di Barclaycard Arena, Birmingham, Jumat (11/3/2016).

Pertandingan dibuka dengan kedua pasangan saling kejar poin. Setelah imbang 10-10, Adcock/Adcock mulai membuat jarak hingga sempat unggul tiga poin.

Tontowi/Liliyana berhasil mengejar dan menyamakan posisi pada 18-18. Namun, mereka gagal menahan laju pasangan Adcock yang mencetak tiga poin beruntun.

Pada gim kedua, Tontowi/Liliyana memimpin di awal. Namun, mereka terkejar pada 6-6. Setelah imbang 8-8, Adcock/Adcock kembali membuat jarak.

Tontowi/Liliyana mendekat hingga 16-17, tetapi mereka membuat beberapa kesalahan yang memudahkan pasangan Inggris meraih poin dan memenangi pertandingan.

Bagi Tontowi/Liliyana, ini merupakan kekalahan keempat dari 11 kali bertemu Adcock/Adcock.

Hasil ini juga merupakan yang terburuk didapat Tontowi/Liliyana di All England, sejak mereka berpasangan. Pada tiga keikutsertakan pertama, mereka keluar sebagai juara.

Tahun lalu, mereka berhasil menembus final, tetapi kalah dari pasangan China, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Dengan tumbangnya Tontowi/Liliyana, harapan Indonesia untuk meraih gelar tinggal pada pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto.

Praveen/Debby akan bersaing dengan Liu Cheng/Bao Yixin (China) untuk mendapatkan satu tiket ke semifinal.