Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Selingkuh Maria Sharapova dengan Meldonium

By Sabtu, 12 Maret 2016 | 10:00 WIB
Petenis Maria Sharapova saat memberikan keterangan pers kepada media mengenai kasus doping yang tengah ia hadapi di hotel The LA Hotel Downtown, Los Angeles, 7 Maret 2016. (KEVORK DJANSEZIAN/GETTY IMAGES)

Petir di siang bolong kembali menyambar dunia olah raga profesional. Salah satu petenis putri paling menarik perhatian dan berpenghasilan terbesar, Maria Sharapova, membuat pengakuan mengejutkan bahwa dirinya gagal lolos dalam tes doping usai kalah dari Serena Williams di perempat final Australia Terbuka pada Januari.

Penulis: Christian Gunawan

Dalam konferensi pers pada Senin (7/3) di Los Angeles, AS, petenis asal Rusia itu mengatakan bahwa substansi meldonium dalam darahnya itu diberikan dokter kelu arga selama sedekade terak hir dan dirinya tahu nama obat itu mildronate.

Ia menyebut pemberian zat itu karena dirinya mengalami kekurangan magnesium dan sejarah diabetes keluarganya.

Sharapova mengaku kerap jatuh sakit sebelum mengonsumsi mildronate.

Meldonium digunakan untuk perawatan ischaemia, sebuah kondisi kurangnya aliran darah ke bagian-bagian tubuh.

Zat ini meningkatkan aliran darah. Terkait olah raga, kapasitas pergerakan atlet meningkat berkat bahan itu.

Substansi yang diproduksi di Latvia itu sebenarnya sudah masuk daftar yang dilarang Food and Drug Administration (FDA) sehingga tak bisa diedarkan di AS.

Badan Anti-Doping Dunia (WADA), telah menemukan bukti penggunaan meldonium oleh para atlet dengan tujuan meningkatkan performa.

Langkah WADA memasukkan meldonium ini ke dalam daftar zat terlarang disahkan pada 16 Sep tember 2015 dan mulai berlaku per 1 Januari 2016.