Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pochettino: Kekalahan Ini Tak Boleh Terulang Lagi

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 11 Maret 2016 | 09:55 WIB
Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, dalam konferensi pers jelang pertandingan babak 16 Besar Liga Europa melawan Borussia Dortmund, Rabu (9/3/2016) (BERND THISSEN/DPA/ AFP)

Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, tidak bisa menutupi kekecewaan. Semua itu setelah timnya kalah 0 - 3 dari Borussia Dortmund pada leg pertama babak 16 Besar Liga Europa di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (10/3/2016).

"Ini hari yang buruk. Saya kecewa dengan penampilan tim. Kami tidak bermain baik, dan karena itu kami kalah," kata Pochettino selepas pertandingan.


Penyerang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang (kanan) berebut bola dengan pemain Tottenham Hotspur, Ryan Mason, saat kedua klub bertemu di leg 1 babak 16 Besar Liga Europa, Kamis (10/3/2016) (PATRIK STOLLARZ/AFP )

Spurs tertinggal pada menit ke-20 lewat tandukan Pierre-Emerick Aubameyang. Marco Reus menambah keunggulan tim tuan rumah lewat dua golnya pada menit ke-60 dan 70.


Pemain Borussia Dortmund, Marco Reus, mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur dalam pertandingan leg pertama babak 16 Besar Liga Europa, Kamis (10/3/2016).(INA FASSBENDER/DPA/AFP )

Kekalahan ini membuat langkah Spurs ke perempat final kompetisi antarklub Eropa tersebut semakin sulit. Untuk bisa lolos, Spurs harus menang setidaknya 4-0 atas Die Borussen pada leg kedua di kandang mereka, White Hart Lane. Namun demikian, Pochettino tak mau langsung melempar handuk.

"Kami harus berjuang untuk leg kedua. Skor 3-0 memang buruk, tapi kami tetap harus berusaha," ujar Pochettino.

Pertandingan kontra Dortmund ini juga menjadi pertandingan perdana Spurs mengalami kekalahan 3-0 di musim 2015-2016. Menyikapi hal ini, Pochettino meminta anak-anak asuhnya tidak lantas panik.

"Kami harus tenang dan memastikan hasil ini tidak terulang lagi," tuturnya.

[video]https://video.kompas.com/e/4778690072001_ackom_pballball[/video]