Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

4 Langkah yang Harus Dilakukan Chelsea pada Musim Panas 2016

By Beri Bagja - Jumat, 11 Maret 2016 | 14:15 WIB
Pemilik Chelsea, Roman Abramovich (kanan), menyaksikan laga timnya melawan Sunderland di tribun Stadion Stamford Bridge, 19 Desember 2015. Ia ditemani legenda klub, Didier Drogba. (CLIVE MASON/GETTY IMAGES)

Setelah tersingkir dari Liga Champions, peluang Chelsea menuntaskan musim ini dengan raihan gelar semakin terbatas. Mereka juga terancam gagal meraih tiket ke kompetisi antarklub Eropa musim depan. Tugas berat menanti sang manajer baru pada musim panas nanti.

Akibat disisihkan Paris Saint-Germain (PSG) pada fase 16 besar Liga Champions, potensi Chelsea meraih satu gelar musim ini melayang

Klub beralias The Blues itu juga harus berupaya keras menjuarai ajang tersisa, Piala FA, atau finis minimal di enam besar klasemen Premier League agar mereka lolos ke pentas antarklub Eropa musim depan. 

Kondisi yang menimpa Chelsea saat ini menjadi sinyal sang pemilik klub, Roman Abramovich, bakal melakukan perombakan besar terhadap skuatnya pada musim panas nanti.

Revolusi mencakup pergantian manajer untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Guus Hiddink pada akhir musim ini. 

Berikut empat hal yang harus dilakukan Chelsea saat berkecimpung di bursa transfer musim panas nanti.

1. Mencari bek tengah kuat dan karismatik pengganti John Terry


Bek Juventus, Leonardo Bonucci (depan), menghalau bola dari jangkauan penyerang Barcelona, Lionel Messi, dalam duel kedua tim di final Liga Champions 2014-2015 di Olympiastadion, Berlin, 6 Juni 2015.(PAUL GILHAM/GETTY IMAGES)

Kehilangan legenda sekelas John Terry (35) perlu ditambal oleh figur top serta karismatik yang baru guna membentengi lini belakang Chelsea. Sang kapten sudah berucap selamat tinggal pada publik Stamford Bridge.

Di pos bek sentral tinggal tersisa Gary Cahill, Kurt Zouma, atau Branislav Ivanovic, yang belakangan digeser dari sayap ke tengah. 

Chelsea disebut membidik bek muda PSG, Marquinhos (21), untuk memperkuat pertahanan. Cuma, karakternya jelas belum sekuat Terry.