Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Doa 'Buruk' dan Pujian Klopp untuk Van Gaal

By Anju Christian Silaban - Kamis, 10 Maret 2016 | 18:45 WIB
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengawasi persiapan timnya dalam pertandingan leg pertama babak 32 Besar Liga Europa melawan Augsburg di Stadion WK ARENA, Kamis (25/2/2016) malam waktu setempat. (CHRISTOF STACHE/AFP)

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, tidak suka apabila Manajer Manchester United, Louis van Gaal, meraih kemenangan. Namun, dia tidak memungkiri kualitas Van Gaal.

Penuturan Klopp terlontar menjelang pertemuan kedua tim pada partai pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Anfield, Kamis (10/3/2016).

Ini menjadi duel keenam di antara kedua pelatih. Dalam lima pertandingan sebelumnya, Van Gaal meraih tiga kemenangan, sedangkan Klopp cuma dua.

"Saya tidak memercayai musuh dalam sepak bola. Tidak ada masalah di antara kami. Namun, kemenangan dia adalah hal terakhir yang saya inginkan," ucap Klopp.

[video]https://video.kompas.com/e/4778682132001_ackom_pballball[/video]

United memang diunggulkan berkat kehadiran Van Gaal. Sejak ditangani pria berkebangsaan Belanda tersebut, United menang atas Liverpool sebanyak empat kali.

Atas dasar itu, Klopp melontarkan pujian untuk koleganya. Apalagi, Van Gaal mampu mengangkat performa United yang sempat mengalami grafik menurun pada akhir 2015.

"Van Gaal adalah salah satu pelatih tersukses di dunia. Beberapa pekan lalu, ada tekanan besar, tetapi Van Gaal menanganinya dengan baik. Saya senang dia bisa mengubah situasi," tutur Klopp.

Duel Liverpool dan United kali ini sekaligus menjadi kali pertama di kompetisi antarklub Eropa.

[video]https://video.kompas.com/e/4789118994001_ackom_pballball[/video]