Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bos F1 Berharap kepada Ferrari dan Red Bull

By Kamis, 10 Maret 2016 | 02:20 WIB
CEO F1, Bernie Ecclestone sebelum GP Meksiko digelar di Autodromo Hermanos Rodriguez, Rabu (29/10/2015) (MARK THOMPSON/GETTY IMAGES)

CEO Formula 1 Bernie Ecclestone berharap Ferrari dan Red Bull mampu menyaingi dominasi Mercedes pada musim balap 2016.

"Saya harap Ferrari dapat kembali ke tempat di mana seharusnya berada, yakni sebagai penantang gelar juara dunia F1. Saya juga berharap hal yang sama kepada Red Bull," kata Ecclestone seperti dilansir Crash.

Musim lalu, Ferrari tercatat sebagai satu-satunya tim yang mampu memenangi balapan selain Mercedes. Sebastian Vettel (Jerman) sukses mencatat tiga kemenangan pada GP Malaysia, GP Hungaria, dan GP Singapura.

Pada musim 2014, pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo (Australia), tercatat sebagai satu-satunya pebalap non-Mercedes yang mampu memenangi balapan, yakni di Kanada, Hungaria, dan Belgia.

"Semuanya tergantung dari bagaimana performa Ferrari. Jika mereka tidak mampu menunjukkan bahwa mereka mampu memenangi gelar juara, kita akan melihat Mercedes mendominasi lagi," ucap pria berusia 85 tahun itu.

Mercedes mendominasi F1 selama dua musim terakhir dengan memenangi 32 dari 38 balapan. Lewis Hamilton (Inggris) keluar sebagai juara dunia pada dua musim terakhir.

Ecclestone pun berharap rekan satu tim Hamilton, Nico Rosberg, mampu bersaing untuk meraih gelar juara dunia.

"Setelah Rosberg meraih tiga kemenangan pada akhir musim lalu, mungkin dia memiliki performa lebih baik. Apabila kedua pebalap Mercedes mampu bersaing, itu akan lebih bagus," ujar pria berkebangsaan Inggris itu.

Pada sesi pramusim di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, dua pekan terakhir, Kimi Raikkonen (Finlandia) sukses menjadi pebalap dengan catatan waktu tercepat yakni 1 menit 22,765 detik.

Catatan itu dibukukan pebalap Ferrari tersebut dengan menggunakan ban ultrasoft. Hamilton dan Rosberg belum mencoba jenis ban tersebut.