Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

9 Maret 2016, Inter Milan Rayakan Ulang Tahun Ke-108

By Beri Bagja - Rabu, 9 Maret 2016 | 08:15 WIB
Spanduk dengan logo raksasa Inter Milan terhampar di tribun Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, ketika Inter menghadapi Bayern Muenchen dalam laga final Liga Champions, 22 Mei 2010. (MLADEN ANTONOV/AFP)

'E'nato un nuovo sodalizio calcistico, Il Foot-Ball Club Internazionale Milano'. Demikian bunyi tajuk berita sebuah surat kabar di Italia, 9 Maret 1908. Kalimat tersebut berarti 'telah lahir sebuah klub sepak bola baru, Foot-Ball Club Internazionale Milano'.

Begitulah media Italia mengabarkan asal mula berdirinya Inter Milan. Terbentuk sebagai hasil perpecahan dari Milan Cricket and Football Club (sekarang AC Milan), klub beralias I Nerazzurri (Hitam-Biru) berevolusi sendiri menjadi salah satu klub mapan di Italia.

Pada 9 Maret 2016, klub itu merayakan hari jadi yang ke-108. Telah banyak catatan sejarah, pahit dan manis, yang terekam selama perjalanan mereka lebih dari satu abad. Berikut 5 momen penting dalam garis waktu sejarah Inter.

1. Gelar perdana, 1910

Setelah berdiri sendiri sebagai klub, Inter hanya butuh jeda satu musim untuk mengisi lemari trofi dengan gelar pertama.

Tim racikan Virgilio Fossati kala itu menjuarai Liga Italia 1909-1910 setelah mengalahkan Pro Vercelli di laga play-off atau penentuan pemegang titel.

2. La Grande Inter dan bintang dalam logo, 1964-1966

Periode ini menandakan status Inter sebagai klub top Eropa dan melahirkan generasi skuat yang melegenda dengan sebutan La Grande Inter.

Setelah meraih scudetto 1962-1963, Nerazzurri di musim berikutnya berhak tampil di pentas antarklub Eropa terakbar, Piala Champions.

Dalam partisipasi perdana di ajang tersebut, Inter langsung mengakhiri turnamen dengan gelar. Lawan di partai puncak ialah tim super Real Madrid yang lolos 7 kali ke final dalam 9 edisi terakhir.