Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Papua Langsung ’Panas’ dan Jakarta Jadi Korban

By Gatot Susetyo - Selasa, 8 Maret 2016 | 23:15 WIB
Tim Pra-PON Papua yang sedang bersiap di Sawangan, Depok dan menang atas DKI Jakarta pada Selasa (8/3/2016). (GATOT SUSETYO/BOLA/JUARA.NET)

Tim Pra-PON Papua mengawali kisah manis pada masa pemusatan latihan di Sawangan, Depok. Anak asuh Djoko Susilo pun memberikan pelajaran berharga kepada tim Pra-PON DKI Jakarta, Selasa (8/3/2016).  

Dua hari setelah tiba di Ibu Kota, Djoko Susilo langsung menguji ketangguhan pasukannya dengan uji coba ini. Hasilnya, Marckho Sandy Meraudje dkk mengalahkan anak asuh Sudirman 2-1.

Menilik hasil positif ini, Djoko Susilo menilai skema permainan yang selama ini diterapkannya tak banyak perubahan. Meskipun, tim ini bertanding tanpa empat pilar utama yang masih bergabung dengan Semen Padang dan Persipura.

”Saya hanya ingin melihat kinerja pemain yang menggantikan posisi yang ditinggalkan keempat pemain itu. Ternyata, mereka mampu menjalankan skema permainan dengan baik. Meskipun di babak pertama, kami kecolongan lebih dulu pada laga ini,” kata Djoko Susilo, yang juga mantan pelatih Persiwa Wamena ini.

Djoko Susilo pantas waswas dengan permainan anak asuhnya. Pasalnya, sejak pembatalan kualifikasi PON untuk zona Papua di Jayapura, Oktober tahun lalu, praktis mereka tak melakoni pertandingan resmi.

”Saya harus membenahi lagi fisik, taktik, dan permainan anak-anak. Saya bersyukur ternyata mereka tak lupa dengan pakem yang telah diberikan. Tapi saya masih akan melakukan ujicoba lagi sebelum pertandingan resmi di Bekasi nanti,” tutur Djoko Susilo.

Dua hari lagi, lanjut Djoko Susilo, anak didiknya akan menjajal Villa 2000 di Sawangan, Depok. ”Saya sengaja membiasakan anak-anak bertanding dengan jeda seperti itu. Ini sekaligus sebagai simulasi seperti jadwal kualifikasi yang kami akan jalani nanti,” ujarnya.

[video]https://players.brightcove.net/4386485688001/5f5050ba-12eb-4380-b837-257aded67fbc_default/index.html?videoId=4791389579001&preload=none[/video]