Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alli Atlet Hebat tetapi Bukan Mesin

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 7 Maret 2016 | 16:58 WIB
Dele Alli merayakan gol yang dia cetak untuk Tottenham Hotspur dalam pertandingan Premier League kontra Everton di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, 3 Januari 2016. (ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES)

Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, menjawab kritikan yang ditujukan kepadanya terkait keputusan mencadangkan Dele Alli.

Pochettino memainkan Alli sebagai pemain pengganti saat Tottenham mengalami kekalahan tipis 0-1 di markas West Ham United pada 2 Maret.

Namun, gelandang berusia 19 tahun itu kembali bermain 90 menit saat klub berjulukan Spurs imbang 2-2 kontra rival sekota, Arsenal, akhir pekan lalu.

Pochettino dikritik karena tidak memaksimalkan potensi Alli sehingga Tottenham dikalahkan West Ham.

Baca Juga:

Musim ini Alli adalah salah satu pemain kunci bagi klub yang bermarkas di White Hart Lane. Sejauh ini ia telah mengoleksi tujuh gol di Premier League dari 27 penampilan.

Akan tetapi, manajer berusia 44 tahun ini punya alasan kuat melakukan keputusan mencadangkan Alli. Ia mengungkapkan bahwa Alli tidak tengah berada dalam kondisi 100 persen fit saat ini.

"Ya, dia atlet luar biasa, tetapi bukan mesin. Ia mengalami masalah di pergelangan kaki dan lutut," ujar Pochettino.

Pochettino juga memastikan selalu mengambil keputusan demi kebaikan tim. Ia juga selalu menilai kebugaran semua pemainnya setiap hari.

Hanya mendulang satu poin dalam dua pertandingan terakhir membuat Tottenham tertinggal lima poin dari pemimpin klasemen sementara Premier League, Leicester City. Saat ini mereka mengemas 55 poin.

[video]https://video.kompas.com/e/4787977596001_ackom_pballball[/video]