Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nitya/Gerysia Gagal ke Final Jerman Terbuka

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 6 Maret 2016 | 00:45 WIB
Pasangan ganda putri Indonesia, Nitya Krishinda Maheswari/Geryisa Polii, mengembalikan kok dari pasangan Korea Selatan, Eom Hye-won/Kim Ha-na, pada babak kedua Jerman Terbuka di Mulheim, Kamis (3/3/2016). (BADMINTONINDONESIA.ORG)

Unggulan pertama ganda putri asal Indonesia, Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii, gagal melangkah ke babak final Jerman Terbuka yang berlangsung di Mulheim, 1-6 Maret.

Nitya/Greysia kalah 21-16, 22-24, 19-21 dari pasangan Thailand, Putitta Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai, pada babak semifinal di RWE-Sporthalle, Sabtu (5/3/2016).

Pada gim pertama, Nitya/Greysia mendapat perlawanan ketat. Mereka memimpin perolehan poin, tetapi beberapa kali pasangan Thailand mampu menyamakan posisi.

Skor imbang terakhir mereka adalah 12-12. Setelah itu, Nitya/Greysia memimpin dan tak pernah terkejar hingga gim pertama berakhir.

Gim kedua kembali berlangsung ketat. Kedudukan bertahan imbang hingga 7-7. Nitya/Gerysia berhasil membuat jarak hingga unggul 10-7, tetapi kembali terkejar dan kedudukan imbang lagi, 10-10.

Nitya/Greysia beberapa kali berhasil menjauh, tetapi selalu terkejar. Skor bertahan imbang hingga 22-22 dan pasangan Thailand mencatat dua poin berikutnya untuk memastikan kemenangan pada gim ini.

Nitya/Greysia dalam posisi tertinggal pada awal gim ketiga hingga akhirnya unggul untuk kali pertama dengan 8-7. Mereka melaju, tetapi terkejar pada 15-15, lalu tertinggal 15-16.

Pasangan Thailand terus membuat kejutan dan ungggul 18-16. Nitya/Greysia dalam posisi tertekan ketika tertinggal 18-20. Pengembalian kok Greysia yang tertahan net memastikan kemenangan pasangan Thailand dalam 1 jam 15 menit.

Suparajirakul/Taerattanachai akan menghadapi pasangan China, Huang Yaqiong/Tang Jinhua, pada partai final.

Huang/Tang juga harus bermain tiga gim untuk mendapatkan tiket ke final. Mereka menundukkan unggulan kedua asal Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, dengan 21-9, 19-21, 21-18.