Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Semen Padang Kembali Tampil

By Yosrizal - Sabtu, 5 Maret 2016 | 14:44 WIB
Nil Maizar, diharapkan segera memperbaiki permainan Semen Padang. (FERNANDO RANDY/JUARA.NET/BOLA)

Pelatih Semen Padang (SP), Nilmaizar kembali  berekperimen dalam pertandingan terakhir Grup C Piala Gubernur Kaltim (PGK) melawan tim tuan rumah, PON Kaltim, di Stadion Persiba Kota Balikpapan, Minggu (6/3/2016). Bukan untuk mencoba para pemainnya, tetapi menyesuaikan dengan lawan yang akan dihadapi.

Dalam latihan di lapangan Bima Sakti TNI AU, Balikpapan, Sabtu (5/3/2016) pagi, Nil memberikan “menu” baru dengan permainan cepat, pendek dengan satu sentuhan, dan dua sentuhan.

"Ini sengaja saya ubah lagi karena lawan yang akan dihadapi adalah pemain muda yang punya semangat juang tinggi  didukung stamina prima dan punya kecepatan. Kami harus mengimbanginya. Perlu pola dan strategi khusus karena mereka bukan lawan enteng yang gampang untuk dikalahkan," tutur pelatih asal Payakumbuh itu.

Selain mengubah taktik dan strategi bermain, mantan pelatih timnas itu juga terpaksa  kembali mengubah komposisi pemain yang akan diturunkan.
Pertama karena faktor lawan. Kedua akibat cederanya beberapa pemain, seperti kapten tim Hengky Ardiles dan bek kanan asal Papua, Fabdry Imbri.

[video]https://players.brightcove.net/4386485688001/5f5050ba-12eb-4380-b837-257aded67fbc_default/index.html?videoId=4787094636001&preload=none[/video]

Selain itu gelandang asal Brasil, Fernando Chagas juga kurang prima akibat cedera saat melawan Surabaya United, Kamis (3/3/2016). Kemungkinan besar, Nil kembali memasang bek senior Novan Sasongko, Novrianto atau Agung Prasetyo sebagai pelapis Cassio dan Randy Hamdan.

"Kalau untuk pertahanan saya masih punya banyak pilihan. Yang agak mengkhawatirkan itu adalah lini tengah dan depan, yang sampai ke pertandingan kedua belum menemukan peforma yang sebenarnya," tutur Nil.

Pada laga pemungkas ini tim Kabau Sirah juga akan tampil dengan skema berbeda. Jika selama ini SP baku dengan skema 4-4-2, saat dijamu PON Kaltim bisa jadi menjadi 4-1-4-1, dengan hanya menempatkan Nur Iskandar atau Cristoper Sibi sebagai striker tunggal dan mendorong Cassio sebagai gelandang bertahan.

Di lini tengah, kembali Nil mempercayai gelandang senior Vendry Mofu bersama Ruddy, Irsyad Maulana, dan Riko Simanjuntak.

"Tetapi semuanya akan saya pastikan jelang pertandingan nanti. Pemain yang turun adalah mereka yang benar-benar siap karena ini adalah laga pamungkas yang wajib untuk dimenangkan," tuturnya.

[video]https://video.kompas.com/e/4786868941001_ackom_pballball[/video]