Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marquez Kehilangan Rasa Percaya Diri

By Kamis, 3 Maret 2016 | 21:43 WIB
Pebalap Honda, Marc Marquez, memacu motornya saat melakukan uji coba hari pertama di Sirkuit Losail, Qatar (2/3/2016). (MOTOGP.com)

DOHA, JUARA.net – Pebalap Honda, Marc Marquez, mulai merasa frustasi dengan performa Honda RC213V yang akan digunakan untuk musim balap 2016.

Pada hari pertama tes pramusim ke-3 di Sirkuit Losail, Qatar, catatan waktu tercepat Marquez hanya menempati posisi kesepuluh dengan catatan waktu 1 menit 56,523 detik.

Catatan waktu pebalap Spanyol itu terpaut 1,071 detik dari catatan juara dunia musim lalu, Jorge Lorenzo, yang membukukan waktu tercepat diantara 23 pebalap.

"Jelas kami merasa kesulitan. Kami mencoba untuk bekerja pada beberapa aspek untuk meningkatkan performa motor, hal positif yang dapat diambil adalah masih ada dua hari (uji coba) tersisa," kata Marquez seperti dilansir Crash.

"Masalah utama kami adalah saat membelok di tengah tikungan dan saat keluar tikungan. Kami harus menemukan keseimbangan motor dan membuat saya kembali percaya diri. Kepercayaan diri itu ada saat tes di Phillip Island, tetapi di sini saya cukup banyak kehilangan percaya diri," kata Marquez.

Saat menjalani tes di Phillip Island, 17-19 Februari, Marquez sempat menjadi yang tercepat pada hari kedua dan menduduki posisi dua pada hari terakhir tes.

Sementara itu, kesulitan yang dihadapi sang rival coba dimanfaatkan oleh Lorenzo.

"Di Phillip Island Honda sangat kuat, namun saat di Sirkuit Losail mereka memiliki masalah. Saya pikir setiap trek dapat mempengaruhi performa," ucap Marquez yang merupalan juara dunia musim lalu itu.

"Kami sangat kompetitif  jika dibandingan dengan pebalap lain, kami sangat baik dengan Michelin. Penggunaan ban Michelin dan ECU yang sama membutuhkan perubahan yang besar khususnya dalam hal gaya membalap," kata Lorenzo.

Para pebalap masih memiliki kesempatan melakukan uji coba di Sirkuit Losail, Qatar, pada Kamis (3/3/2016) waktu setempat dan Jumat (4/3/2016). Balapan pertama akan digelar pada 20 Maret mendatang di Sirkuit yang sama.