Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kaka: Rui Costa Profesor Saya

By Kamis, 3 Maret 2016 | 18:27 WIB
Ricardo Kaka, berlaga membela Sao Paolo menghadapi Vitoria Bahia pada 9 November 2015. (FELIPE OLIVEIRA/GETTY IMAGES)

Jagoan Orlando City asal Brasil yang tengah dipinjamkan ke Sao Paulo, Ricardo Kaka, merupakan idola bagi jajaran bintang top semodel David Luiz (PSG), Stephan El Shaarawy (Roma), hingga Marco Parolo (Lazio). Lalu, siapakah pahlawan Kaka? Jawabannya Manuel Rui Costa.  

Kaka dikenal sebagai salah satu penyerang lubang terbaik yang pernah dimiliki Brasil. Puncak kariernya terjadi kala sosok bernama lengkap Ricardo Izecson dos Santos Leite itu mentas bersama Milan pada rentang 2003 sampai 2009.

Berbagai gelar prestisius diraih Kaka sewaktu membela panji I Diavolo Rosso, mulai dari Serie A 2003-2004, Liga Champions 2006-2007, Piala Dunia Klub 2007, sampai gelar pribadi seperti Ballon d'Or 2007.

Kaka menjadi satu-satunya orang yang berhasil mengalahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam ajang penganugerahan Ballon d'Or, lambang supremasi pemain terbaik dunia.

Lantas siapakah sosok yang berjasa membentuk Kaka menjadi pemain hebat?

Sepanjang karier, Kaka pernah mentas bersama para pesepak bola andal semodel Ronaldinho, Rivaldo, Ronaldo Luis Nazario, Paolo Maldini, Cristiano Ronaldo, hingga Andrea Pirlo.

Namun, suami dari Caroline Celico itu tak bisa melupakan jasa Manuel Rui Costa yang banyak memberikan bantuan pada periode awal kariernya di Milan.   


Ricardo Kaka bersama Rui Costa dalam sesi konferensi pers di Yokohama pada Desember 2003.(TORU YAMANAKA/AFP)

Ketika Kaka bergabung ke Milan dari Sao Paulo pada 2003, pesepak bola Portugal itu berstatus sebagai penyerang lubang andalan Il Diavolo.

"Rui Costa sering datang kepada saya dan memberikan nasihat pada jeda pertandingan. Ia menjelaskan apa yang harus dilakukan dan yang mesti dihindari. Ia memberi tahu saya tentang bagaimana cara melepaskan diri dari penjagaan lawan serta menciptakan ruang bagi rekan setim," kata Kaka.