Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Calon Sponsor Rio Haryanto Terbentur Merek

By Kamis, 3 Maret 2016 | 15:33 WIB
Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati saat mengantarkan putranya berangkat ke Barcelona di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta, Jumat (19/2/2016). (HERKA YANIS/BOLA/JUARA.NET)

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, mengatakan bahwa banyak pihak yang berniat membantu pendanaan pebalap Formula 1 asal Indonesia itu. Namun, calon sponsor terkendala masalah merek.

"Sejauh ini sponsor yang berniat membantu menawarkan sistem branding (merek)," kata Indah ditemui setelah rapat penggalangan dana Rio di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.

"Namun, untuk branding itu sulit. Jika calon sponsor ingin membantu tanpa harus memasukkan logo saya mungkin sudah mendapatkan dana untuk Rio. Tetapi, banyak pihak yang meminta branding. Biasanya branding itu satu paket dan nilai minimumnya 2 juta euro," kata Indah.

Indah menjelaskan bahwa branding di mobil balap jumlahnya terbatas termasuk pada mobil tim Manor. Mobil Manor tinggal menyisakan dua hingga tiga lokasi branding lagi selain Pertamina.

"Otomatis jika kekurangan dana tersebut dibagi tiga branding, nilainya akan sangat besar. Oleh karena itu, beberapa perusahaan memilih mundur," ucap Indah.

Hal tersebut membuat Rio kesulitan mendapatkan sponsor. Padahal menurut Indah, nilai 2 juta euro itu bisa dikategorikan murah.


Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, meninggalkan paddock Sirkuit de Barcelona-Catalunya pada tes pramusim Formula 1, Kamis (25/2/2016).(PIERS HUNNISETT)

"Sebenarnya semua masih bisa negosiasikan. Jadi, kami tetap dan masih berusaha semaksimal mungkin dengan menghubungi beberapa perusahaan yang berpeluang menjadi sponsor," tutur Indah.

Menurut Indah, beberapa sponsor ingin mendukung, namun ketika mengetahui nominal jumlah dana yang diperlukan para sponsor merasa takut.

"Logo sponsor tidak hanya masuk ke website, mobil, dan pakaian tim saja. Tetapi, dengan tampilnya Rio pada semua seri F1, angka 2 juta euro itu sudah setimpal dengan tawaran yang diberikan," ucap Indah.