Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nilai 6 untuk Remaja 18 Tahun Milik Man United

By Beri Bagja - Kamis, 3 Maret 2016 | 12:11 WIB
Aksi bek muda Manchester United, Timothy Fosu-Mensah (kiri), berebut bola dengan pemain Watford, Nordin Amrabat, dalam duel Premier League, 2 Maret 2016. (LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES)

Manajer Manchester United, Louis van Gaal, melanjutkan kejutan dengan menyertakan pemain akademi untuk mentas di tim utama saat menghadapi Watford, Rabu (2/3/2016). Dia adalah bek tengah Timothy Fosu-Mensah (18), yang dinilai tampil cukup bagus.

Van Gaal memasang Fosu-Mensah sejak menit awal dalam laga yang dimenangi United 1-0 tersebut. Bagi Mensah, laga itu menjadi momen debutnya sebagai starter.

Remaja kelahiran 2 Januari 1998 tersebut sebelumnya tampil sebagai pengganti kala Man United menekuk Arsenal 3-2 (28/2/2016).

Masuknya Mensah dalam laga kontra Arsenal mengguncang publik karena sebelum tampil, namanya bahkan belum tercantum di Wikipedia. Setelah mencicipi debut, identitas pemuda asal Belanda itu sudah bisa dilihat di situs referensi tersebut.

Van Gaal memuji penampilan Fosu-Mensah saat membantu United mencegah kebobolan dari Watford.

"Timothy menyelamatkan kami tiga kali. Saya pikir, hal itu karena kecepatannya. Sangat menyenangkan melihatnya di lapangan," ucap Van Gaal di situs klub.

Sang manajer juga mengungkapkan Mensah meminta ditarik keluar karena mengalami benturan dengan pemain lawan. Namun, LvG membiarkannya bermain karena keberadaan Mensah penting dalam melindungi pertahanan bersama Daley Blind.

ESPNFC memberikan nilai lumayan bagi jebolan akademi Ajax Amsterdam itu, yakni 6. Mensah melakukan tekel krusial terhadap pergerakan penyerang lawan, Odion Ighalo, pada babak I.

Sebagai pemain muda, permainannya terbilang kalem dan penuh kepercayaan diri. Hanya, Mensah juga beberapa kali terlambat mengambil keputusan, sehingga mendapatkan kartu kuning atas pelanggaran terhadap gelandang musuh, Etienne Capoue.

"Harus lebih banyak belajar, tapi talentanya sudah berlimpah." Demikian evaluasi terhadap performa Mensah.

 [video]https://video.kompas.com/e/4783644936001_ackom_pballball[/video]