Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Anthony Ginting Berpeluang Temani Tommy Sugiarto pada Olimpiade Rio

By Delia Mustikasari - Rabu, 2 Maret 2016 | 22:00 WIB
Pemain tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, berpose di pelatnas bulu tangkis Cipayung, Jakarta, Jumat (26/2/2016). (RODERICK ADRIAN MOZES/KOMPAS.COM)

Pemain tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, dianggap berpeluang menemani Tommy Sugiarto untuk tampil pada Olimpiade Rio, 5-21 Agustus.

"Jika melihat peringkat, Anthony yang berada pada peringkat ke-25 race to Rio paling mendekati untuk lolos Olimpiade," kata pelatih kepala tunggal putra Hendry Saputra di pelatnas bulu tangkis Cipayung, Jakarta, Rabu (2/3/2016).

"Jika dia mengikuti 4-5 turnamen, sepertinya dia bisa mengejar untuk masuk peringkat 16 besar race to Rio," ujar Hendry.

Berdasarkan regulasi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), setiap negara bisa mengirimkan dua pemain jika ada dua atau lebih pebulutangkis yang berada pada peringkat 16 besar pada nomor tunggal, baik putra ataupun putri.

"Anthony butuh sekitar 4.000-5.000 poin untuk bisa mencapai peringkat ke-16 race to Rio. Peluang selanjutnya ada pada Ihsan Maulana Mustofa (peringkat ke-27 race to Rio) dan Jonatan Christie (peringkat ke-31 race to Rio)," kata Hendry.

Menuju penutupan kualifikasi Olimpiade pada April mendatang, Anthony akan mengikuti 4-5 turnamen, diantaranya All England, Selandia Baru Terbuka, Malaysia Terbuka dan Singapura Terbuka.

"Anthony minimal harus mencapai babak 16 besar untuk mengamankan peluang ke Olimpiade Rio. Tetapi, tiga tunggal putra pelatnas punya hak yang sama karena masing-masing memiliki karakter permainan berbeda," ujar Hendry.

Anthony mendapat tambahan poin cukup besar setelah penampilan cemerlangnya pada Kejuaran Beregu Asia, 15-21 Februari yang merupakan ajang kualifikasi Piala Thomas Uber. Dia menyumbang enam kemenangan untuk Tim Thomas Indonesia.

"Prioritas dan hak tiga pemain ini sama, tetapi hasil di lapangan akan membedakan jumlah poin yang akan diperoleh. Saat ini Ginting yang peringkatnya paling baik sehingga dia diprioritaskan untuk memperoleh poin agar lolos ke Olimpiade," ucap Hendry.

Anthony, Ihsan, dan Jonatan selanjutnya akan tampil pada All England dan harus melalui babak kualifikasi terlebih dahulu.

"Ke depan saya berharap mereka bisa mencapai babak utama pada turnamen kelas Superseries," ujar Hendry.

Kompas TV dan K Vision akan menyiarkan secara langsung pertandingan All England pada 10-13 Maret.