Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pembekuan PSSI Belum Dicabut, Indonesia ’Terancam’ Malaysia

By Selasa, 1 Maret 2016 | 20:24 WIB
Trofi Piala AFF. (VIETNAMNEWS.COM)

KUALA LUMPUR, JUARA.net – Kans Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFF 2016 bisa ’dirampas’ Malaysia. Semua itu terkait belum adanya kejelasan pencabutan pembekuan PSSI oleh Pemerintah Indonesia.

Piala AFF 2016 untuk fase penyisihan dipastikan berubah setelah Filipina mundur dari status tuan rumah bersama Myanmar. Otomatis, turnamen akhir tahun ini membuka kans negara lain di Asia Tenggara jadi pengganti Filipina.

Ada kabar kalau Indonesia berminat mengajukan diri jadi suksesor Filipina. Tapi, jika niat Indonesia serius, untuk sekarang tak mungkin terealisasi. Penyebabnya, PSSI selaku induk sepak bola Tanah Air masih dibekukan FIFA.Semua itu efek dari pembekuan yang diterima PSSI dari Pemerintah Indonesia.

Sementara itu, Wakil Presiden FAM, Datuk Seri Afandi Hamzah mengatakan, Malaysia telah mengirim permohonan resmi mereka jadi tuan rumah Piala AFF 2016. FAM selaku federasi sepak bola Negeri Jiran serius dengan niatnya ini.

”Selain Malaysia, Vietnam, dan Singapura juga mengajukan permohonan mereka untuk menjadi tuan rumah turnamen ini,” kata Afandi, seperti dikutip dari Utusan.

”Bagaimanapun, kami berharap agar AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN) mempertimbangkan keinginan Malaysia. Karena, dua negara tersebut (Vietnam dan Singapura) sudah pun menjadi tuan rumah, dua tahun lalu,” tandasnya.

Putaran final Piala AFF 2016 akan terlaksana pada 19 November sampai 17 Desember. Untuk kualifikasinya, Kamboja bakal jadi tuan rumah pada 13-22 Oktober.