Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Raikkonen: Mengapa Saya Harus Khawatir?

By Pipit Puspita Rini - Selasa, 1 Maret 2016 | 13:53 WIB
Pebalap Ferrari asal Finlandia, Kimi Raikkonen, memacu mobilnya pada tes pramusim Formula 1 2016 di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Jumat (25/2/2016). (JOSEP LAGO/AFP PHOTO)

Pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, meraih hasil menjanjikan pada tes pramusim pertama Formula 1 2016 di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, pekan lalu.

Putaran terbaik Raikkonen dengan SF16-H adalah 1 menit 23,447 detik, yang dicatat pada hari terakhir tes, Jumat (25/2/2016).

Di pihak lain, Mercedes menjadi tim yang paling banyak melakukan putaran atau menempuh jarak paling jauh.

Mercedes diprediksi akan memamerkan kecepatan mobil mereka pada tes pramusim kedua yang berlangsung 1-4 Maret.

Menanggapi hal tersebut, Raikkonen tidak mau ambil pusing. Dia memilih berkonsentrasi pada upaya untuk membawa mobil Ferrari-nya lebih cepat.

"Mengapa saya harus khawatir? Itu adalah hal yang dilakukan tim lain, dan kami melakukan tugas kami sendiri. Yang pasti, kami akan melakukan lebih banyak putaran," kata juara dunia 2007 tersebut.

"Ini meruapakan bagian dari tes dan kami makin siap untuk balapan. Jika ada beberapa masalah atau ada yang harus diubah, kami akan melakukannya. Semua tergantung kami untuk memastikan bahwa kami berada di posisi yang tepat saat balapan dimulai," ujarnya menambahkan.

Raikkonen juga mengakui bahwa mobil Ferrari musim ini lebih baik dibanding tahun lalu. Raikkonen menutup musim lalu dengan berada di peringkat keempat klasemen. Dia gagal finis lima kali dari 19 seri yang dijadwalkan.

"Saya merasa lebih baik dibanding dengan paket tahun lalu. Ini baru awal, dan kami belum selesai dengan urusan setelan mobil. Tentu saja kami masih bisa mengembangkannya," kata pebalap Finlandia tersebut.

Raikkonen dijadwalkan turun pada hari pertama dan ketiga tes ke-2 di Barcelona (1 dan 3 Maret). Rekan satu timnya, Sebastian Vettel, akan turun pada hari kedua dan keempat.

Vettel menjadi yang tercepat selama dua hari dia turun pada tes pertama, pekan lalu.