Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Del Bosque Tahu Suksesor Tepat untuk Latih Spanyol

By Septian Tambunan - Selasa, 1 Maret 2016 | 08:06 WIB
Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque, berada di panggung dengan memegang trofi sebelum acara pengundian turnamen Euro 2016 di Paris, 12 Desember 2015. (LOIC VENANCE/AFP)

Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque, mengungkapkan sudah mengetahui kriteria sosok yang tepat untuk menggantikan dirinya membesut La Furia Roja.

Dalam acara Punto Pelota dari saluran TV Intereconomía, pria berusia 65 tahun ini berbicara tentang timnas Spanyol dan persiapan menjelang Piala Eropa di Prancis.

"Saya memiliki gagasan yang jelas tentang siapa sosok penerus saya (di timnas Spanyol)," kata Del Bosque.

Eks juru taktik Real Madrid ini sepertinya masih merahasiakan nama dari pelatih impiannya. Dia pun membahas performa gemilang penyerang Athletic Bilbao, Aritz Aduriz, yang kemungkinan besar akan dibawa ke Prancis.

"Saya tidak bisa memalingkan diri pada realitas. Aduriz akan masuk ke tim," ujar Del Bosque, yang telah mempersembahkan trofi Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 untuk Negeri Matador.

Baca Juga:

Musim 2015-2016 adalah momen paling tajam bagi Aduriz. Dia sudah menggelontorkan banyak gol dengan rincian 14 di La Liga, 6 di Copa del Rey, dan 7 di Liga Europa. Tidak heran jika dirinya akan menjadi salah satu pilar Spanyol.

Di lain sisi, Del Bosque menjawab pertanyaan terkait peluang juru gedor Chelsea, Diego Costa, meraih satu tempat dalam skuat timnas.

"Ada surplus striker dan saya memiliki keputusan yang sulit di tangan saya," tutur pelatih terbaik dunia 2012 itu.