Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Belajar dari Insiden Tes Pertama

By Pipit Puspita Rini - Senin, 29 Februari 2016 | 20:46 WIB
Pebalap Formula 1 asal Indonesia, Rio Haryanto, berpose dengan Ayahnya Sinyo Haryanto dan tim manor racing sebelum turun pada hari pertama tes di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Rabu (24/2/2016). (INDAH PENNYWATI)

Catalunya sebagai bekal untuk tampil pada tes kedua, 1-4 Maret.

Pada tes pramusim pertama di sirkuit yang sama, pebalap Manor Racing tersebut sempat melintir dua kali selama dua hari tes. Pada hari terakhir pengujian MRT05, Rio menabrak susunan ban pembatas lintasan ketika sesi sore baru memasuki jam kedua.

"Saya masih belajar dan masih ada dua hari untuk tes. Jadi, saya akan mencoba yang terbaik untuk belajar sebanyak mungkin sebelum Grand Prix pertama," kata Rio yang dilansir Crash.net.

Seri pertama Formula 1 2016 akan digelar di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, Australia, 18-20 Maret.

"Saya mulai terbiasa dengan mobil dan mencoba batas maksimalnya, jadi saya sedikit terlalu bersemangat," aku Rio soal insiden pada tes pertama.

Meski demikian, pebalap yang musim lalu turun di GP2 Series tersebut mengaku mendapatkan kemajuan yang besar.

"Setiap kami keluar ke lintasan, selalu ada setelan mobil yang berubah. Saya berusaha keras untuk mendapatkan hasil maksimal, untuk saya dan mobil saya. Akibatnya, saya melakukan kesalahan. Saya harus berlajar dari itu dan tidak mengulanginya," ujar Rio.

Direktur Manor Racing, Dave Ryan, bisa memahami insiden yang dialami Rio.

"Sejujurnya, saya akan terkejut jika (Rio) tidak mengalami beberapa insiden. Selama dia mau belajar dari itu, tidak masalah. Itu tidak akan merugikan kami," kata Ryan.

Selain diperkuat Rio, Manor juga didukung pebalap muda asal Jerman, Pascal Wehrlein, yang juga merupakan rookie.