Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Siapkan Masa Pensiun, Liliyana Natsir Buka Bisnis Refleksi

By Delia Mustikasari - Senin, 29 Februari 2016 | 13:32 WIB
Pemain ganda campuran, Liliyana Natsir, ketika hadir dalam acara pembukaan gerai bisnis pijat refleksi di Gading Serpong, Sabtu (27/2/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pemain ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir, merambah dunia bisnis sebagai persiapan masa pensiun setelah tidak lagi menjadi atlet bulu tangkis.

Baru-baru ini Liliyana membuka gerai bisnis pijat refleksi yang diberi nama Nine Family Reflexology yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang.

Berawal dari hobi pijat refleksi, pebulu tangkis 30 tahun itu melihat ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Bermodal ruko dan terapis sebanyak delapan orang, Liliyana menawarkan berbagai jenis pijat seperti Refleksi, Thai Massage, Shiatsu, dan sebagainya.

"Pada dasarnya saya memang senang refleksi. Sejak dahulu menadi atlet saya sering dipijat, sehungga saya tahu seperti apa pijatan yang enak dan membuat tubuh kita jadi segar," kata Liliyana saat acara grand Opening Nine Family Reflexology, Sabtu (27/2/2016).

"Oleh karena itu saya terjun langsung dalam memilih terapis," ujar Liliyana.

"Pemilihan terapis ini sangat penting karena terapis adalah ujung tombak bisnis refleksi. Kalau tempatnya sudah bagus, tetapi terapisnya tidak bagus ya susah," kata Liliyana.

Liliyana pun turun tangan dalam mengembangkan terapis di usahanya, yaitu dengan mengajarkan bagaimana mereka bisa melayani pelanggan dengan baik. dan bisa memijat dengan kualitas baik.

Memutuskan menjadi entrepreneur membutuhkan keberanian. Liliyana mengatakan bahwa dirinya mencoba untuk keluar dari zona nyaman dan itu tidaklah mudah.

"Saya akui memang buka bisnis baru penuh rintangan kesulitan. Saat berurusan denga karyawan dan tukang untuk membangun tempat refleksi, pasti ada kendala," tutur Liliyana.