Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lepas Arsenal, Farhad Beli 49,9 Persen Saham Everton

By Verdi Hendrawan - Minggu, 28 Februari 2016 | 07:33 WIB
Pemegang saham mayoritas Everton yang baru, Ardavan Farhad Moshiri. (DOK FORBES)

Everton telah mengkonfirmasi bahwa Ardavan Farhad Moshiri (60) telah menjadi pemilik saham mayoritas klub. Pebisnis asal Iran itu membeli 49,9 persen saham The Toffees setelah melepas semua haknya di Arsenal.

Kepastian terjadinya kesepakatan antara Everton dengan Farhad diungkapkan langsung oleh Presiden Bill Kenwright (70). Kenwright menyebut Farhad sebagai seorang partner bisnis yang sempurna bagi masa depan Everton.

"Setelah melakukan pencarian yang sangat melelahkan, saya percaya kami telah menemukan partner yang sempurna untuk membawa klub semakin maju," kata Kenwright tentang Farhad dikutip dari Sky Sports.

"Saya sudah mengenal Farhad dengan baik selama 18 bulan terakhir dan dengan pengetahuan sepak bola, kemampuan finansial, serta semangat Everton sejati, telah meyakinkan saya bahwa ia adalah orang yang tepat untuk mendukung Everton," sebutnya.

Sebelumnya, Farhad menjadi pemegang saham Arsenal bersama Alisher Usmanov yang tergabung dalam Red & White Holdings sejak Agustus 2007. Hingga akhir 2015, mereka telah menguasai sekitar 30 persen saham The Gunners.

Namun, Farhad memilih untuk menjual semua saham yang dimilikinya kepada Usmanov pada awal Fabruari 2016. Hal ini dilakukannya setelah melihat adanya peluang menjadi pemegang saham mayoritas di Everton.

Belum dikatahui berapa dana yang diinvestasikan oleh Farhad untuk membeli 49,9 persen saham Everton. Namun, pengusaha yang memiliki kekayaan sebesar USD 1,79 miliar (Rp 24 triliun) itu terkesan sangat bersemangat untuk memajukan Everton.

"Bill Kenwright telah mengajarkan saya apa artinya menjadi seorang Evertonian dan dengan rasa senang saya sangat menantikan bisa bekerja bersamanya," ucap Farhad dikutip dari Sky Sports.

"Saya sangat senang untuk mengambil kesempatan menjadi pemegang saham Everton sebagai salah satu klub sepak bola terkemuka di Eropa," tuturnya.

Dengan kekuatan finansial yang dimiliki Farhad, bukan tidak mungkin Everton akan mulai membangun kekuatan sebagai penghuni empat besar Premier League.

[video]https://video.kompas.com/e/4765854188001_ackom_pballball[/video]