Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Schweinsteiger Yakin Ikut ke Euro 2016

By Lariza Oky Adisty - Kamis, 25 Februari 2016 | 22:11 WIB
Gelandang Man. United, Bastian Schweinsteiger, saat berlaga di laga Premier League, melawan Watford di Vicarage Road, 21 November 2015. (STEPHEN POND/GETTY IMAGES)

- Gelandang Manchester United, Bastian Schweinsteiger (31), belum sembuh dari cedera lutut sejak Januari. Meski demikian, ia optimistis bisa pulih dan membela tim nasional Jerman di Piala Eropa 2016 di Prancis.

"Asalkan Piala Eropa tidak dimajukan ke Maret, peluang saya tampil di ajang itu tetap besar. Saya sama sekali tidak cemas," kata kapten tim nasional Jerman ini seperti diberitakan Sportbild.

Sejak awal Januari, eks bintang Bayern Muenchen ini harus menepi akibat cedera lutut yang dialaminya. Menurut Schweinsteiger, proses pemulihannya berjalan sesuai rencana.

"Bagian ligamen saya memang butuh sedikit waktu untuk sembuh, tetapi semua berjalan lancar. Saya tahu betul kondisi tubuh saya," ujar Schweinsteiger.


Gelandang Man United, Bastian Schweinsteiger, dalam partai Piala FA kontra Sheffield United, 9 Januari 2016(ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES)

Schweinsteiger mengatakan, dalam rentang waktu lima hari ia sudah bisa mulai berlatih berlari, sebelum kembali berlatih dengan bola.

Ia juga yakin sudah bisa kembali bermain penuh pada Maret 2016.

Schweinsteiger tidak asing dengan cedera yang berkepanjangan. Ketika masih memperkuat Bayern Muenchen, ia pernah menepi selama 98 hari pada musim 2014-2015.

Ketika itu, cedera lutut menjadi biang keladi absennya Schweinsteiger. 

Musim 2013-2014, ia sempat absen selama dua bulan akibat cedera engkel.