Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

5 Hal Menarik yang Perlu Anda Ketahui tentang Pierre-Emerick Aubameyang

By Beri Bagja - Kamis, 25 Februari 2016 | 09:52 WIB
Penyerang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, merayakan golnya ke gawang Augsburg dalam laga Piala Jerman, 16 Desember 2015. (CHRISTOF STACHE / AFP)

Nama Pierre-Emerick Aubameyang tengah meroket seturut peningkatan ketajamannya bersama Borussia Dortmund musim ini. Namun, membahas penyerang berusia 26 tahun itu tidak melulu soal gol. Berikut lima hal menarik yang perlu Anda ketahui tentang pemegang gelar Pemain Terbaik Afrika 2015 tersebut.

1. Asal-usul


Pierre-Emerick Aubameyang dikawal ketat saat pulang ke Libreville, Gabon, sambil memegang trofi Pemain Terbaik Afrika, 8 Januari 2016.(STEVE JORDAN/AFP)

Aubameyang lahir di Laval, kota kecil di Prancis dengan populasi hanya 15 ribu orang, pada 18 Juni 1989. Sejak kecil, ia bermimpi menjadi pesepak bola profesional.

"Saya terbiasa bermain di depan banyak orang. Saya hanya ingin bermain sepak bola sepanjang waktu," ujarnya.

Mimpinya pun menjadi kenyataan. Ia mesti berterima kasih atas gen sepak bola pemberian dari sang ayah, Pierre "Yaya" Aubameyang.

Pierre senior mencatat 80 penampilan bagi timnas Gabon dan sempat bermain untuk klub-klub Prancis, seperti Le Havre (1991-1994) dan Toulouse (1994-1995). Sama seperti ayahnya, Aubameyang membela timnas Gabon, bukan Prancis.

"Afrika dan Gabon mengalir di darah saya. Saya sangat bahagia ketika pulang dan menghabiskan waktu di sana. Sangat penting untuk menjaga ikatan dengan asal-usul saya," ucap Auba.

2. Gol dan selebrasi khas


Aksi perayaan gol striker Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, usai menjebol gawang Augsburg di Bundesliga, 25 Oktober 2015.(ODD ANDERSEN/AFP)