Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hari Pertama Tes, Rio Haryanto Terpelintir

By Delia Mustikasari - Rabu, 24 Februari 2016 | 19:51 WIB
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, sedang mengendarai MRT05 saat menjalani tes pramusim F1 pertama bagi dia di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, Rabu (24/2/2016). (MARK THOMPSON/GETTY IMAGES)

Pebalap Formula 1 (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto, terpelintir setelah menjalani hari pertama dia mengikuti tes pada sesi pagi di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, Rabu (24/2/2016).

Rio berada pada urutan ke-10 dari 11 pebalap yang mengikuti tes dengan putaran tercepat 1 menit 29,808 detik. Dia menggunakan ban medium saat turun lintasan dengan MRT05 nomor 88.

Rio sempat melintir setelah mengitari 25 lap pada tikungan kelima.Rio mengalami insiden jelang jeda makan siang sehingga membuat bendera merah berkibar.

Pebalap 23 tahun dari tim Manor Racing itu sebelumnya tidak keluar lintasan pada satu jam pertama karena mengalami masalah hidrolis pada mobilnya.

Dia tidak langsung tancap gas, tetapi lebih memilih beradaptasi dengan mobilnya sehingga sebelum melintir ban terkunci akibat pengereman yang terlalu keras.

Ban lock up tergolong ringan sehingga mobil Rio masih bisa digunakan untuk turun pada sesi sore.

Pada sesi pagi, pebalap Force India, Nico Hulkenberg, menjadi yang tercepa dengan putaran terbaik 1 menit 25, 286 detik. Pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, baru melakukan empat putaran dan belum mencatat putaran waktu.

Raikkonen menjadi pebalap terakhir yang turun lintasan pada hari ketiga tes pramusim F1.