Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Astaga, Peluang Real Madrid Juara La Liga Hanya 2,5 Persen!

By Indra Citra Sena - Kamis, 25 Februari 2016 | 11:48 WIB
Selebrasi pemain Real Madrid usai memenangi pertandingan babak 16 besar Liga Champions kontra AS Roma, 17 Februari 2016. (PAOLO BRUNI/GETTY IMAGES)

Langkah Real Madrid begitu berat dalam persaingan memperebutkan titel La Liga 2015-16. Klub berjulukan Los Blancos alias Si Putih itu kini bertengger di peringkat ketiga dengan selisih sembilan poin dari FC Barcelona selaku penguasa klasemen sementara.

Peluang Real Madrid juara memang belum sepenuhnya tertutup mengingat kompetisi masih menyisakan 13 partai.

Para pemain Madrid seperti Sergio Ramos dan Marcelo serta pelatih Zinedine Zidane bahkan masih optimistis bisa mengejar perolehan poin Barcelona.

Akan tetapi, keperkasaan Barcelona menekuk setiap lawan yang tampak kian jelas belakangan ini menjadikan upaya tersebut terasa semakin sulit untuk dilakukan.

Walau tetap menjaga keyakinan untuk menjadi  juara liga, Sergio Ramos, Marcelo, dan Zinedine Zidane barangkali perlu menengok statistik berupa analisis data keluaran Euro Club Index (ECI).

Asosiasi yang biasa menghitung ranking klub-klub Eropa tersebut menyebutkan bahwa peluang Madrid menjuarai La Liga hanya 2,5 persen. Angka itu berbanding terbalik dengan peluang Barcelona yang mencapai 95,9 persen!

"Analisis ECI mempertimbangkan berbagai aspek dalam menghitung peluang juara sebuah klub, mulai dari hasil-hasil terkini di ajang kompetitif hingga catatan sejarah," kata pakar analisis data, Alfredo Gatius, seperti dikutip dari Marca.

Kendati demikian, persentase peluang Madrid di La Liga tak berimbas ke Liga Champions. ECI menghitung kans Real Madrid menjuarai Liga Champions mencapai 27 persen, terbaik kedua setelah Barcelona (35 persen).