Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Calon Bek Persija Masih Belum Beradaptasi dengan Cuaca Panas

By Andrew Sihombing - Selasa, 23 Februari 2016 | 17:27 WIB
Bek asal Brasil, Tales Ricarte dos Santos, saat mengikuti sesi latihan Persija di lapangan POR Pelita Jaya, Sawangan, Depok, Selasa (23/2). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

Pelatih Persija, Paulo Camargo, mengharapkan manajemen sudi memenuhi permintaannya akan tiga pemain asing. Hanya, hingga Selasa (23/2)/2016, baru satu pemain asing yang hadir dalam sesi latihan Tim Macan Kemayoran. 

Dialah Tales Ricarte dos Santos, bek jangkung bertinggi 197 cm asal Brasil. Tidak seperti hari sebelumnya saat cuma melakukan pemanasan ringan, kali ini Dos Santos sudah ikut berlatih bersama rekan-rekannya. 

Hanya, terkadang ia juga menjalani latihan fisik sendiri di bawah pengamatan langsung Camargo.

Sang pelatih sepertinya paham betul bahwa stamina Dos Santos tidak cukup prima akibat libur dua bulan selepas memperkuat Sanna Khanh Hoa FC di Liga Vietnam.

Faktor inilah yang sempat membuat Dos Santos gagal saat mengikuti seleksi di Persiba Balikpapan bulan lalu.

"Selain itu, Dos Santos juga baru kemarin menjalani penerbangan yang melelahkan dari Brasil. Wajar bila kondisi fisiknya agak buruk. Tapi, saya melihat potensi baginya untuk menjadi bagian dari skuat Persija," ujar Camargo pada JUARA.

Namun, bukan dua hal itu saja yang membuat Dos Santos kelelahan.

Pemain yang turut mempersembahkan trofi Piala Liga Singapura bagi klub Brunei DPMM FC pada 2012 ini juga masih sulit beradaptasi dengan teriknya cuaca. 

Dos Santos terlihat beberapa kali menyiramkan air untuk mendinginkan kepala dan wajahnya. Tak cuma sekali juga ia menambahkan es batu sebelum menyiramkan air kemasan tersebut. 

"Panas sekali di sini, saya belum terbiasa. Saat bermain di Vietnam, bulan Juni hingga Juli memang panas. Tapi, sisanya dingin," kata Dos Santos sembari kembali menyiramkan air ke wajahnya.