Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tommy Sugiarto Sakit, Tim Thomas Indonesia Tampilkan Pemain Muda

By Minggu, 21 Februari 2016 | 13:33 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi,ketika tampil sebagai penentu Indonesia ke babak final kualifikasi Piala Thomas di Gachibowli Stadium, Sabtu (20/2/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Tim Thomas Indonesia memilih tiga tunggal putra muda untuk menghadapi Jepang pada babak final kualifikasi Piala Thomas karena Tommy Sugiarto sakit.

"Seharusnya Tommy yang akan diturunkan di tunggal pertama, tetapi Tommy mendadak sakit pagi ini," kata Manajer Tim Thomas Uber Indonesia, Rexy Mainaky, Minggu (21/2/2016).

"Menghadapi Jepang, saya rasa Anthony dan Jonatan lebih punya peluang untuk mengambil poin. Saya berharap kami bisa mengambil setidaknya satu poin dari sektor tunggal," ucap Rexy.

Tiga tunggal putra yang akan diturunkan, yakni Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Masing-masing menjadi tunggal pertama, kedua dan ketiga.

Pada sektor ganda putra, pasangan Mohammad/Ahsan tidak diturunkan. Pemain yang diturunkan adalah pasangan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Berry Angriawan/Rian Agung Saputro sebagai ganda pertama dan kedua.

"Untuk ganda pertama kami punya peluang 45-55. Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa sedikit lebih unggul dibandingkan Angga/Ricky. Untuk ganda kedua, Berry/Rian akan menghadapi Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan peluangnya 50-50," kata Rexy.

Tim Thomas Indonesia melaju ke final setelah mengalahkan India 3-1 dan Tim Thomas Jepang mengalahkan Korea 3-0. Jepang merupakan juara bertahan pada ajang perebutan Piala Thomas 2014.

"Meskipun tidak turun dengan kekuatan penuh, saya yakin para pemain tetap akan tampil maksimal," kata Ketua Umum PP PBSI, Gita Wirjawan.

"Untuk melawan Jepang, mereka harus lebih sabar karena para pemain Jepang dikenal sebagai pemain yang ulet dan pantang menyerah. Selamat bertanding, berikan yang terbaik bagi bangsa dan tanah air," ucap Gita menambahkan.

Berikut susunan Tim Thomas Indonesia Vs Tim Thomas Jepang :